Press Release •  15/10/2019

5 Tips Menyimpan Beras agar Bebas Serangga, Bisa Pakai Daun Salam

© Pixabay
© Pixabay

TEMPO. CO, Jakarta -  Sudah menyimpan beras di tempat khusus yang kedap udara, tapi masih saja ada kutunya? Itu akan sangat merepotkan. Anda harus membuang satu per satu kutu beras sebelum memasaknya.

Tapi, Anda sebenarnya tak perlu repot-repot memisahkan si kutu dari beras. Dilansir dari Indian Express, Sandeep Saini, sous chef eksekutif The Westin Sohna Resort and Spa, India, berbagi beberapa tips sederhana untuk menjaga beras Anda tetap bersih dan aman untuk dikonsumsi, termasuk jauh dari kutu beras.

1. Daun salam

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan daun yang ada di bumbu dapur ini. Daun ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan kutu atau serangga pada beras. Tempatkan daun salam di dalam wadah beras untuk menghindari kontaminasi. Simpan beras di wadah kedap udara untuk hasil yang lebih baik.

2. Cengkeh

Rempah ini dapat membantu melawan kutu atau serangga untuk menghindari binatang kecil itu. Anda juga bisa menambahkan minyak cengkeh untuk membersihkan rak lemari dan area dapur Anda.

3. Menyimpannya di lemari es

Ketika mengetahui ada kutu di beras, cobalah menyimpan beras di lemari es. Proses ini akan membuat kumbang mati. Setelah itu, Anda dapat menyimpannya kembali dalam suhu ruang.

4. Bawang putih

Masukkan beberapa siung bawang putih yang belum dikupas ke dalam wadah beras. Ganti bawang putih setelah mengering.

5. Sinar matahari

Jika beras yang dikenai kutu atau serangga jumlahnya banyak, simpan saja di bawah sinar matahari. Serangga tidak menyukai sinar matahari dan akan mencari tempat gelap dan lembap. Lakukan hal ini secara teratur.

Sumber: TEMPO