Blog •  08/11/2019

Cara Membekukan Jagung

Anda pasti menyukai jagung yang manis dan segar kan? Meskipun jagung segar tidak bisa didapat setiap saat, Anda dapat membelinya dalam jumlah besar sekaligus dan menikmati jagung segar sepanjang tahun. Berikut ini adalah panduan lengkap untuk memilih, menyiapkan, dan membekukan jagung dalam batch besar.

Produk Kami

Bagian 1 : Menyiapkan Jagung

1. Cari ukuran jagung yang tepat. Semua orang punya definisi sendiri harus seberapa besar atau tua jagung agar lezat dimakan. Namun ada cara praktis untuk menentukannya, yaitu dengan memegang jagung yang masih berkulit dengan tangan Anda. Jika jagung pas dalam genggaman Anda dan kulit atasnya berwarna agak kecoklatan, berarti jagung sudah siap dipetik. Jika terasa terlalu kurus, cari jagung yang lebih besar lagi untuk dibekukan.

2. Kupas jagung. Duduklah dan kupas semua kulit jagung setelah Anda mendapat cukup jagung untuk dibekukan. Kumpulkan jagung dalam mangkuk dan buang kulit jagung.

Untuk pengupasan jagung klasik ala pedesaan, duduk di luar di bawah sinar matahari sore sambil mengupas jagung Anda. Lebih menyenangkan lagi jika dilakukan beramai-ramai.

3. Bersihkan jagung. Bersihkan sertat halus atau rambut jagung dengan tangan. Akan membantu untuk menyediakan semangkuk air di atas meja saat Anda mengupas untuk mencelupkan tangan Anda ke dalamnya. Kalau tidak, anda bisa berakhir seperti Spiderman dengan segala sesuatu yang Anda sentuh menempel di tangan. Lengket.

 

Bagian 2 : Masak Jagung Sebentar

1. Rebus satu panci air yang cukup besar untuk memasak jagung Anda. Ada metode lain untuk mempersiapkan dan memasak jagung, tapi banyak yang meyakini metode inilah yang memberikan citarasa paling baik. Masukan jagung ke dalam air, tutup pancinya, dan didihkanl.

2. Angkat jagung dari air. Anda perlu melakukan ini secepat mungkin agar dapat mempertahankan tekstur jagung yang tepat. Ambil jagung ketika air mendidih lalu dinginkan dengan merendam jagung dalam air es.

Jika Anda memiliki banyak jagung untuk dimasak (dan dibekukan), gunakan salah satu sisi wastafel untuk mendinginkan jagung panas langsung dari kompor, kemudian pindahkan jagung yang sudah suam-suam kuku ini ke sisi wastafel lainnya untuk menyelesaikan proses pendinginan. Alirkan air dingin dari keran ke sisi wastafel ini.

3. Sisir jagung dari tongkolnya. Setelah jagung dimasak dan didinginkan sehingga dingin untuk dipegang, gunakan pisau tajam utuk menyisir biji jagung dengan mendirikan jagung dan mengirisnya secara vertikal. Iris perlahan-lahan, dan cobalah untuk mendapatkan biji jagung secukupnya tanpa terlalu banyak tongkol jagung yang ikut terpotong.

 

Bagian 3 : Membekukan Jagung

1. Dinginkan jagung. Setelah biji jagung terpotong semua dari tongkol, letakkan biji jagung ke dalam loyang untuk proses pembekuan awal yang baik. Loyang kue bekerja dengan baik karena bisa untuk menyebarkan jagung secara merata dan mentransfer panas dengan baik. Membekukan jagung pada permukaan datar adalah cara terbaik untuk membekukan setiap biji jagung secara individual atau terpisah, dan untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki gumpalan biji jagung yang besar dan lengket, yang sulit ditangani ketika Anda ingin mencairkannya setelah dibekukan.

Jika Anda akan membekukan banyak jagung, selang-selingkan biji jagung yang paling panas (yang terakhir dimasak) dengan yang lebih dingin dalam freezer untuk menjaga suhu freezer. Jangan memasukkan jagung yang sangat panas langsung ke dalam freezer, atau Anda akan menghangatkan suhu pembekuan dan memperlambat prosesnya secara signifikan.

Anda tidak harus melakukan pembekuan awal pada jagung sebelum menyimpannya beku dalam kantong plastik, tapi ini adalah ide yang bagus untuk mendinginkannya dengan melakukan proses ini setidaknya untuk beberapa waktu.

2. Masukkan jagung ke kantong. Setelah jagung dalam loyang benar-benar dingin, hal yang tersisa untuk dilakukan adalah mengemas jagung jagung untuk pembekuan akhir. Gunakan kantong ziploc dengan ukuran ½ dan 1 liter, dan bagi jagung ke dalam ukuran porsi makan. Keluarkan udara sebanyak mungkin dari dalam kantong sebelum menutupnya.

Jangan mengisi jagung terlalu banyak. Jangan mengisi kantong plastik hingga benar-benar penuh, namun cukup saja sehingga Anda bisa menutup kantong dengan mudah, dan meratakannya agar lebih mudah disimpan. Kantong satu liter akan cukup untuk satu kali makan untuk 4-5 orang, dan kantong ½ liter akan cukup untuk 2 orang.

3. Bekukan jagung dalam kantong. Tumpuk kantong berisi jagung sedatar mungkin dalam freezer Anda. Ada baiknya memberi tanggal dan label pada masing-masing kantong sebelum menempatkannya ke dalam freezer. Beku, jagung manis beku bisa tahan selama beberapa bulan hingga setahun ke depan.

Sumber : id.wikihow.com