Press Release •  22/10/2019

4 Cara Membuat Masker Beras untuk Kulit Wajah Bebas dari Jerawat, Mudah dan Ampuh

© Pixabay
© Pixabay

Liputan6. com, Jakarta Kamu tentu pernah merasa sebal saat bangun di pagi hari dan melihat jerawat di wajahmu. Jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit yang tidak pernah ada habisnya. Siapa pun, baik perempuan atau laki-laki pasti ingin segera menghilangkan jerawat tersebut.

Jerawat disebabkan kombinasi dari produksi minyak berlebih dan penyumbatan pori-pori dengan keratin atau sel kulit mati. Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena hormon, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai atau kurang menjaga kebersihan wajah.

Jerawat memang bukanlah penyakit kulit yang berbahaya, tetapi wajah yang berjerawat akan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat tersebut, bahkan saat ini ada berbagai macam perawatan atau pun produk yang mampu menghilangkan jerawat.

Tetapi, jika kamu khawatir akan menimbulkan efek samping yang berbahaya, kamu bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi jerawat tersebut. Salah satunya dengan beras. Selain bisa dikonsumsi, bahan ini mudah didapatkan di tanah air karena termasuk makanan pokok warga Indonesia.

Nah, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (16/3/2019) cara membuat masker beras untuk jerawat.

Kandungan Beras

Beras putih kaya akan inositol dan allantoin. Menurut The Epoch Times, inositol merupakan senyawa vitamin B kompleks yang merangsang pertumbuhan sel dan memperlambat proses penuaan. Sementara allantoin adalah zat pelembap alami yang berfungsi untuk melembutkan kulit, mencegah iritasi dan menghilangkan bekas jerawat.

Allantion dipercaya mampu membantu meredakan iritasi dengan regenerasi kulit. Kandungan allantion yang lembut membuat kulit yang berjerawat atau sensitif tidak semakin parah. Di bawah ini ada beberapa cara membuat masker beras untuk jerawat yang bisa kamu praktikan.

Cara membuat masker beras untuk wajah bebas dari jerawat

1. Tepung Beras

Kamu hanya perlu menyiapakan beras secukupnya dan air untuk direndam. Untuk hasil terbaik, pilihlah beras yang organik, yaitu beras yang bebas bahan pemutih dan pengawet.

Langkah-langkah cara membuat masker beras untuk jerawat sebagai berikut:

Rendam beras secukupnya dalam suatu wadah, rendam selama setengah hari atau sekitar 12 jam. Kemudian tiriskan hingga beras terpisah dari air. Selanjutnya, tumbuk beras dengan cara diblender atau ditumbuk sampai berbentuk tepung halus.

Setelah beras tersebut menjadi tepung halus, campurkan tepung halus tersebut dengan air secukupnya dalam suatu wadah. Oleskan masker beras menggunakan kuas masker.Diamkan selama kurang lebih setengah jam dan bilas bersih.

2. Beras dengan minyak zaitun

Minyak zaitun kaya antioksidan, senyawa yang ada di minyak zaitun mengandung agen antiradang, antibakteri yang bersifat non-comedogenic. Semua karakteristik minyak zaitun tersebut membuatnya ampuh untuk mengatasi jerawat secara alami.

Cara membuat masker beras untuk jerawat, langkah-langkahnya sebagai berikut:

Buat beras menjadi tepung beras, langkahnya sama dengan nomor satu di atas. Rendam beras secukupnya dalam suatu wadah. Kemudian, rendam selama setengah hari tiriskan dan tumbuk menjadi tepung halus.

Setelah itu, tuangkan tepung tersebut ke suatu wadah dan campurkan dengan minyak zaitun, aduk rata. Setelah dirasa sudah rasa, oleskan masker beras menggunakan kuas masker. Diamkan selama kurang lebih setengah jam dan bilas bersih. Jangan lupa untuk mencuci muka atau membersihkan wajah terlebih dahulu ya!

Nah, kalau jerawat kamu sudah teratasi dan ingin menghilangkan bekas jerawat yang tertinggal, caranya siapkan air bekas mencuci beras, lalu kamu cukup mencuci wajahmu dengan air bekas cucian beras tersebut setiap pagi.

Masker wajah bagus untuk perawatan kulit wajah

3. Beras dengan Madu

Madu adalah bahan anti-bakteri dan anti-inflamasi yang mampu melawan noda membandel di wajah. Sejak dahulu madu memang dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Cara membuat masker beras untuk jerawat, langkah-langkahnya sebagai berikut:

Buat beras menjadi tepung beras, rendam beras secukupnya dalam suatu wadah. Kemudian, rendam selama setengah hari tiriskan dan tumbuk menjadi tepung halus.

Setelah itu, tuangkan tepung tersebut ke suatu wadah dan campurkan dengan 2-3 sendok makan madu, aduk rata. Setelah dirasa sudah rasa, oleskan masker beras menggunakan kuas masker. Diamkan selama kurang lebih setengah jam dan bilas bersih

Bilas secara perlahan-lahan, hindari membersihkan dengan cara digosok karena bisa membuat kulit iritasi.Setelah itu, keringkan menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk handuk pada wajah. Lakukan minimal 1 minggu sekali supaya jerawatmu perlahan menghilang.

4. Beras dengan Kunyit

Kunyit termasuk salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya memperkaya rasa masakan, kunyit juga dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk pada kulit. Salah satunya mengatasi jerawat agar tidak meradang.

Langkah-langkah cara membuat masker beras untuk jerawat sebagai berikut:

Buat beras menjadi tepung beras, rendam beras secukupnya dalam suatu wadah. Kemudian, rendam selama setengah hari tiriskan dan tumbuk menjadi tepung halus.

Setelah itu, tuangkan tepung tersebut ke suatu wadah dan tambahkan bubuk kunyit dan sesendok madu agar bahan-bahan tersebut dapat tercampur merata. Jika sudah tercampur rata, oleskan pada seluruh permukaan wajah dan tunggu hingga kering. Untuk hasil yang maksimal, masker ini sebaiknya digunakan di malam hari, tepat sebelum tidur dan dibersihkan keesokan harinya.

Nah, di atas adalah cara membuat masker beras untuk jerawat yang bisa kamu lakukan. Sisa masker beras dapat kamu simpan dalam lemari es untuk dapat digunakan kembali lain waktu. Selamat mencoba. 

Sumber: Liputan6