Blog •  05/11/2019

Ciri-ciri Tanaman Jagung Kekurangan Nutrisi

Hal terpenting dari budidaya jagung adalah perawatan yang rutin. Ya Pak Bos, perawatan jagung memang susah-susah gampang. Salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan adalah dengan menjaga ketersediaan nutrisi untuk tanaman jagung. Nutrisi yang tercukupi akan melancarkan pertumbuhan dari tanaman jagung Pak Bos.

Kurangnya nutrisi juga dapat menjadi penyebab pertumbuhan tanaman jagung tidak optimal. Berikut ini adalah tanda-tanda tanaman jagung kekurangan nutrisi yang perlu Pak Bos perhatikan saat merawat tanaman jagung.

Kekurangan Nitrogen (N)

Kondisi awal kekurangan unsur nitrogren adalah tanaman jagung menjadi kerdil, kurus, dan daunnya akan berwarna hijau kekuningan. Jika sudah parah tanaman jagung tidak akan berbuah.

Kekurangan Fosfor (P)

Tanaman jagung yang kekurangan fosfor akan menjadi kerdil, daunnya kan berwarna agak ungu dan kaku, pertumbuhan tongkolnya terganggu, sehingga barisan biji tidak teratur.

Kekurangan Kalium (K)

Kekurangan unsur kalium pada tanaman jagung akan terlihat pada bagian bawah ujung daun menguning dan mati dan tanaman jagung akan menghasilkan buah berukuran kecil dan memiliki ujung runcing.

Kekurangan Kalsium (Ca)

Daun muda yang tidak muncul dari ujung tanaman, daunnya agak kaku dan memiliki warna kuning kehijauan serta kerdil adalah ciri-ciri tanaman kekurangan unsur kalsium.

Kekurangan Magnesium (Mg)

Tanaman jagung yang kekurangan magnesium maka akan tumbuh kerdil, bagian atas daun akan berwarna kuning dengan garis-garis tak normal berwarna putih. Daun tua akan berubah warna menjadi ungu kemerahan pada bagian tepi daun dan ujung daun.

Kekurangan Seng (Zn)

Tanaman jagung yang kekurangan seng akan terlihat setelah tanaman berumur sekitar 2 minggu dengan gejala sepanjang tulang daun terdapat garis kuning dan bagian tepi daun akan tetap berwarna hijau.

Kekurangan Belerang (S)

Pada tanaman jagung yang kekurangan belerang maka seluruh daun tanaman jagung akan berubah warna menjadi kuning, baik dari daun muda hingga daun tua, tubuh tanaman jagung akan tumbuh menjadi kerdil dan terlambat bahkan tidak berbunga.

Kekurangan Tembaga (Cu)

Kekurangan tembaga akan menyebabkan daun termuda tanaman jagung akan mengering, lalu tanaman jagung akan tumbuh kerdil dan daun tua akan mati serta batang jagung akan menjadi lunak ,mudah bengkok bahkan roboh terkena angin.

Kekurangan Zat Besi (Fe)

Tanaman jagung yang kekurangan zat besi akan memiliki daun berwarna hijau pucat hingga putih pada bagian atasnya di antara urat-urat daunnya.

Sumber: Petani Quick