Press Release •  04/11/2019

Keunggulan Insektisida Endure 120 SC untuk tanaman padi, cabai, tomat, dan lain-lain.

Insektisida Endure 120 SC merupakan prodak unggulan dari Corteva AgroScience, Bahan aktif Spinoteram 120g/l yang terkandung pada insektisida Endure 120 SC ini adalah jenis bahan aktif yang cukup langka peredarannya di Indonesia, sehingga menjadi keunggulan insektisida Endure 120 SC karena akan mampu mengendalikan hama lebih efektif meski sudah resistensi.

Bahan aktif spinetoram termasuk dalam kelompok spinosyns, efek spinetoram pada Endure 120 SC dapat bekerja pada reseptor asetilkolin nikotinat, fungsinya saraf hama akan terganggu, yang berkibatkan pada kelumpuhan, gangguan pernapasan dan pada akhirnya hama akan mati.

Baha aktif Spinoteram ini bahan aktif yang langka dan jarang dipakai oleh produk pestisida lain, sehingga resistensi masih sangat jarang di timbulkan oleh insektisida jenis ini.

Endure 120SC sendiri adalah insektisida bersifat racun kontak dan lambung, yang berbentuk pekatan suspensi berwarna kecoklatan untuk mengendalikan hama ulat, thrips, dan kutu daun pada tanaman padi, cabai, tomat, dan lain-lain.

Deskripsi Insektisida Endure 120 SC
Nama Produk : Endure 120SC
Jenis Prodak : Insektisida

Nama Bahan : Spinetoram 120 g/
No. Daftar : RI. 3431/4-2009/T
Pabrik : PT. Dow Agrosciences Indonesia
Bentuk : Pekatan (Suspension Concentrate/SC)
Warna : Coklat
Kemasan dan Harga : 100 ml Rp 156.950
Kemasan dan Harga : 50 ml Rp 84.950

Keunggulan Insektisida Endure 120SC

  1. Cara kerja pestisida yang relatif baru, yaitu fungsi saraf terganggu, mengakibatkan kelumpuhan, pernapasan dan akhirnya, kematian pada hama sasaran.
  2. Dosis yang digunakan tidak terlalu banyak sehingga cukup hemat.
  3. Cocok untuk hama sasaran yang sudah resistensi pada insektisida lain

 

Keunggulan Insektisida Endure Untuk Padi

Untuk tanaman padi, fungsi insektisida Endure yaitu mampu mengendalaikan 2 hama utama tanaman padi. Yaitu; ulat penggerek batang (Scirpophaga incertulas) dan ulat pelipat daun (Cnaphalocrosis medinalis).


Dosis Insektisida Endure yang digunakan untuk mengendalikan hama ulat penggerek batang (Scirpophaga incertulas) dan ulat pelipat daun (Cnaphalocrosis medinalis) adalah 250 ml/ha, dan gunakan penyemprotan volume tinggi (dosis 375 ml/ha) jika ditemui hama berada pada ambang batas pengendalian.

Keunggulan Insektisida Endure Untuk Cabai

Fungsi dan manfaat bahan aktif spinoteram untuk tanaman cabai yang terdapat pada obat insektisida endure adalah:

  • Berfungsi mengendalikan hama ulat grayak Spodotera litura
  • Berfungsi membasmi hama trips Thrips parvispinus
  • Berfungsi membunuh hama Helicoverpa armigera

Dosis yang di gunakan untuk membasmi ketiga hama cabai ini adalah 1 ml/l air, jadi jika menggunakan tengki unkuran 14 liter, maka gunakan dosis insektisida endure sebanyak 14 ml.

Keunggulan Insektisida Endure Untuk Tomat, Kubis, dan bawang Merah.

  • Tomat : Pada tanaman tomat, manfaat dari penggunaan obat ini adalah mampu mengendalikan secara tuntas hama pengorok daun (Liriomyza huidobrensis), ulat buah (Helicoverpa armigera). Dengan dosis dan penyemprotan volume tinggi  sebesar 0,50 - 0,75 ml/l.
  • Bawang merah : Untuk bawang merah, insektisida Endure 120SC berfungsi sebagai pengendali ulat grayak (Spodoptera exigua), dengan dosis dan penyemprotan volume tinggi sebesar  0,50 - 1 ml/l.
  • Kubis : Ulat daun (Plutella xylostella), dan ulat Krop (Crocidolomia pavonana) adalah dua jenis hama tanaman kubis yang mampu diberantas dengan tuntas oleh Insektisida Endure 120SC ini. Dosis yang di gunakan 250 - 300 ml/ha dan lakukan penyemprotan volume tinggi.

    Sumber: Kliktani