Press Release •  15/10/2019

Petani Samosir Butuh Alat Pertanian Pemipil Jagung

© Pixabay
© Pixabay

Medanbisnisdaily. com - Samosir. Anggota Kelompok Tani (Koptan) Martabe di Huta Siparogung, Desa Pasaran Parsaoran, Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara berharap bantuan alat mesin pertanian kepada Pemerintah Kabupaten Samosir. Harapan itu disampaikan Ketua Koptan Martabe, Halomoan Situmorang (55), di Pangururan, Kamis (8/8/2019).

"Alsintan yang kami harapkan adalah mesin pemipil jagung, karena Koptan Martabe sudah memiliki jetor," ujar Situmorang.

Diceritakan Halomoan, dua tahun lalu (2017), kelompoknya sudah menyampaikan permohonan atau proposal bantuan alat pertanian ke Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat melakukan kunjungan kerja panen raya, dan saat itu juga dijanjikan akan dibangun jalan usaha tani (JUT) sepanjang 300 meter, tapi belum terwujud.

Sebelumnya, kelompoknya memang mendapatkan bantuan benih jagung, pupuk dan jetor. Hanya mesin pemipil jagung juga sangat mereka butuhkan untuk mengurangi biaya produksi imbuh Situmorang dan anggota Koptan Martabe.

Koptan Martabe memiliki lahan pertanian jagung seluas 3 hektar dan tiap hektar mampu menghasilkan jagung di kisaran 15 ton per hektar dan biasanya panen minimal 2 kali setahun.

Kepala Dinas Pertanian Samosir, Victor Sitinjak, mengatakan, silahkan Koptan Martai menyampaikan surat permohonan bantuan. Karena saat ini juga Pemkab Samosir melalui Dinas Pertanian sedang mengajukan permohonan bantuan Alsintan ke Kementerian Pertanian.

"Penyaluran bantuan Alsintan ke Koptan berdasarkan nomor antre. Koptan siapa yang terlebih dahulu menyampaikan proposal akan lebih dahulu mendapatkan bantuan, hal itu dikarenakan keterbatasan anggaran," imbuh Victor.

Sumber: Medanbisnisdaily