Blog •  17/04/2020

13 Jenis Benih Padi Dianjurkan Kepada Petani Bireuen, Musim Tanam Gado 2020

Bireuen, beritaterbit.com – Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bireuen, menetapkan 13 jenis benih padi,dianjurkan kepada petani untuk ditanam dalam turun ke sawah musim tanam gado,pada tahun 2020 ini.

Hal ini, sesuai jadwal di lahan sawah musim tanam gado,yang ditanda tangani Plt Bupati Bireuen Muzakkar A Gani,pada tgl 15 April 2020, dimintai kepada petani untuk menggunakan 13 benih padi,pada musim tanam gadu, yang bersertifikat,agar tidak terjadi hal merugikan petani, sebut Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bireuen Muhammad Nasir, Kamis sore (16/04) kepada media ini.

Benih padi cibogo,cigualis, ciherang, mekongga, Inpari 32 HBD, Inpari 23 Bantul, Inpari Ciherang sub, siliwangi agriran,situ begabdit,mustajab, cibogo bestari,suluttan undrat dan Inpari sidenuk,sebab pengolahan tanah 29 April  sampai 12 Mei 2020.

Begitu juga,seumai benih atau teumabu,pada 13 sampai 25 Mei dan tanam atau seumula diperkirakan 02 sampai 25 Juni sedang panen raya diperhitungkan awal bulan Oktober,ungkap.M Nasir.

Sejumlah petani yang tergabung dalam kelompok tani,yang dikonfirmasi hal ini, menyebutkan bahwa,merasa gembira atas pelaksanaan musim tanam padi gadu, ditengah maraknya pandemi virus corona ini,karena untuk pangan bagi warga masyakarat harus tanam padi.

Yang selama Ini untuk cegah covid 19 ini,warga sudah cukup melarat akibat ditetapkan dilarang keluar rumah oleh pemerintah, apalagi panen raya musim tanam rendengan Desember 2019 lalu, pada Febuari 2020 lalu,hasil sangat merosot,ujar Masri bersama Iskandar, petani Dusun Meunasah Tanjong Gampong Juli Tambo Tanjong,Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen.

Harapan petani , bila musim tanam gadu, sangat ditekankan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bireuen, ketersediaan air dari Irigasi Pante Lhong II dan waduk lainnya cukup dan pula pupuk subsidi  kepada petani juga memadai sesuai luas areal sawah di sejumlah Gampong pada 17 kecamatan,tambah Masri Yoga.

Plt Bupati Bireuen Muzakkar A Gani,yang dihubungi secara terpisah, mengatakan stok pangan harus kita jaga,untuk warga kita dan nasional,dengan adanya penanaman padi musim tanam gadu ini, sesuai jadwal lahan sawah,yang telah kita tetapkan, walaupun sekarang ini sedang gencar melakukan sosialisasi dan pencegahan virus corona,ditengah masyarakat,ujar Muzakkar.

Sumber: Berita Terbit