Blog •  27/07/2020

2 Kampung Tangguh di Biak Numfor Panen Jagung Perdana

© Dok foto: Polda Papua
© Dok foto: Polda Papua

Jayapura, BUMIPAPUA.COM - Warga dua kampung di Kampung Rarpimbo dan Kampung Suneri, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor panen jagung perdana, hasil dari program ketahanan pangan yang dikerjakan bersama bhabinkamtibmas. 

Kapolres Biak Numfor, AKBP Murjatmo Edi menyebutkan program ketahanan pangan sangat penting dilakukan di tengah pandemi.  

"Kita masih dihadapkan pada COVID-19 yang mempengaruhi perekonomian. Oleh karena itu, program kampung tangguh dalam rangka persiapan ketahanan pangan sangat penting," jelasnya, Jumat (24/7). 

Pihaknya yakin dengan ketahanan pangan yang dimiliki masyarakat setempat, maka pemenuhan bahan pokok secara mandiri telah dilakukan.  

"Saat ini, kampung tangguh masih melakukan penanaman kembali jagung dan sayur serta kebutuhan pokok lainnya," katanya.  

Kapolres Biak Numfor berharap jika pandemi berakhir, diharapkan kampung tangguh dengan program ketahanan pangannya tetap dijaga, berkelanjutan dan ditingkatkan, sehingga menciptakan masyarakat lebih produktif. 

"Saat ini masih banyak lahan kosong bisa dimanfaatkan. Apalagi kalau sampai swasembada, sehingga bisa berdampak kepada ekonomi yang lebih meningkat," katanya.

Program binaan kampung tanggung dilakukan oleh sejumlah bhabinkamtibmas pada masing-masing kampung binaannya. Dalam program ini terdapat 6 orang bhabinkamtibmas yang melaksanakan pemberdayaan masyarakat dengan mengutamakan giat padat karya.

Sumber: Kumparan