Blog •  16/11/2020

25 Hektare Tanaman Padi di Abdya Terancam Gagal Panen karena Terserang Wereng

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Tanaman padi seluas 25 hektare milik petani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di kawasan Gampong Adan, Kecamatan Tangan-Tangan terancam gagal panen. Pasalnya padi tersebut sudah mulai menguning akibat diserang hama wereng.

“Tanamam padi yang diserang hama wereng ini baru berumur satu bulan,” ungkap Ketua Kelompok Rela Tani Gampong Adan, Ihsan Juwanda, Jumat (13/11/2020).

Menurut Ihsan, areal tanaman padi tersebut tergabung dalam dua kelompok tani, yaitu Kelompol Tani Jaya dan Kelompok Rela Tani.

“Hama yang serang tanaman padi kami itu warnanya hitam-hitam. Bentuknya seperti hama yang sering pada lampu listrik di malam hari. Hama ulat banyak juga yang serang tanaman padi kami,” katanya.

Ia mengaku telah melaporkan persoalan tersebut kepada petugas penyuluhan dan bahkan tim penyuluh sudah turun ke lokasi untuk melihat kondisi tanaman padi mereka yang mulai kuning.

“Kalau obat hama ada diberikan, hanya saja jumlahnya sedikit, itupun diberikan secara pribadi. Kemudian saya tanyakan kenapa diberikan secara pribadi. Alasanya tidak ada stok obat di kantor,” jelasnya.

Padahal tambah dia, obat hama tersebut sangat dibutuhkan oleh petani yang tergabung di dua kelompok tersebut, mengingat parahnya tingkat serangan hama yang melanda tanaman padi mereka.

“Betul-betul sudah kuning padinya, bentuknya sekarang bagaikan tanaman padi sudah mau panen. Padahal umur tanaman padi baru 1,5 bulan. Jadi, untuk antisipasi gagal panen, pupuk dan obat-obatan sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

Sumber: ACEHTREND