Blog •  18/09/2020

3.192 Ha Tanaman Padi di Sergai Kena Hama Wereng

Medanbisnisdaily.com - Serdang Bedagai. Ribuan hektare tanaman padi di Kabipaten Serdang Bedagai (Sergai) tepatnya di 7 kecamatan diperkirakan akan mengalami fuso alias gagal panen. PasalnyaM tanaman padi milik warga seperti di Desa Pematang Ganjang diserang hama wereng batang coklat, Selasa (4/8/2020).

Terlihat sawah milik warga yang ditanami padi berusia hampir tiga bulan ini diserang hama wereng mengering dan berwarna coklat.

Oloan Tambunan (52) warga Dusun I, Desa Cempedak Lobang, yang memiliki lahan persawahan di Dusun V Desa Pematang Ganjang, mengatakan, seluas satu setengah hektare lahan persawahan miliknya itu, hampir setengahnya diserang hama wereng Batang Coklat.

"Hama wereng Batang Coklat ini menyerang sawahnya semenjak dua minggu yang lalu," ujarnya.

Tambunan mengatakan, sudah berupaya dengan menyemprot racun hama di sawah padi miliknya agar tidak diserang wereng namun hama wereng tersebut terus merusak padi miliknya yang hampir siap panen.

"Pak, terpaksa saya mengarit padi saya hari ini, padahal padi tersebut belum waktunya untuk di panen, karena takut nanti kena wereng lagi," ungkapnya.

Sebelumnya, terjadinya hama Wereng Batang Coklat, menyerang areal padi miliknya, bisa berproduksi panen padi sebanyak 150 goni ukuran 80 kg seluas satu setengah hektare sawah miliknya.

Namun untuk tahun ini setengahnya pun kita tidak bisa menghasilkan, karena tanaman padi miliknya diserang hama wereng Batang Coklat.

Tambunan berharap kepada Pemkab Sergai dan Dinas Pertanian dapat membantu dan meninjau lahan warga yang sedang diserang hama wereng ini, serta mencari solusinya. Karena semenjak lahan persawahan milik warga terkena hama wereng Batang Coklat. Dinas Pertanian, katanya, belum pernah sama sekali turun meninjau ke lokasi.

Di tempat terpisah, Endik (51) bersama sang istri Saidah (40) warga Dusun V, Desa Pematang Ganjang, saat berada di sawah miliknya, mengatakan, ada seluas satu setengah hektar lahan sawah miliknya hampir setengah hektar sawah diserang hama wereng.

Kadis pertanian Kabupaten Serdang Bedagai Radianto Panjis SP saat dihubungi mengatakan, bahwa pihaknya tekah mewaspadai sekitar 3.192 hektare yang terserang hama wereng coklat. "Faktor cuaca yang ekstrim membuat serangan ini makin menjadi jadi, pasalnya dalam 3 tahun terakhir tidsk pernah adanya lagi laporan hama wereng coklat, namun kali ini, musim tanam ini diserang," ujarnya.

Pihaknya telah melakukan penyemprotan massal, bahkan telah mengumumkan bersama dengan aparat TNI dan Polri ke desa-desa dengan menggunakan mobil berpengeras suara.

"Untuk jangka menengah, kami akan mengawal tanaman padi yang saatnya akan memasuki akhir akhir akan panen, untuk secepatnya melakukan penanganan. Sedang solusi jangka panjangnya, kami akan mengusahakan bibit padi tahan hama wereng coklat," tandasnya.

Sumber: Medanbisniadaily