Blog •  26/06/2020

7 Tips Menanam Tomat di Ruang Terbatas

© Pexels
© Pexels

Jakarta, CNN Indonesia -- Tomat jadi salah satu bahan dapur yang hampir selalu tersedia. Tak ada salahnya jika Anda menanam tomat sendiri di rumah.

Menanam dan merawat tomat tak sesulit yang dipikirkan. Faktor terpenting dalam menanam tomat adalah sinar matahari, air, dan pupuk.

Anda juga tak perlu repot menyediakan lahan tanah yang luas untuk menanam tomat. Tomat sangat ulet. Ia dapat tumbuh dengan ruang terbatas sehingga ideal untuk ditanam di daerah perkotaan sekali pun.

Berikut beberapa tips menanam tomat, mengutip Today. 

1. Pilih lokasi yang cerah

Anda tak memerlukan lahan besar untuk menanam tomat. Cukup pilih tempat yang mendapat banyak sinar matahari setidaknya 6-8 jam per hari untuk menanam tomat. Usahakan juga agar area tersebut terlindungi dari angin.

2. Pilih wadah yang tepat

Gunakan pot untuk menanam tomat. Semakin besar ukuran pot, semakin baik.

Jika Anda menggunakan ember atau kaleng bekas cat, pastikan untuk melubangi bagian bawah agar tanah dan air dapat mengalir. Tempatkan piring di bawahnya untuk menampung kelebihan air.

3. Tanah yang tepat adalah kuncinya

Tanah yang Anda pilih akan memengaruhi kesehatan tanaman. Pastikan untuk memilih campuran tanah berkualitas tinggi. Pastikan agar campuran tanah tersebut bisa terhindar dari jamur.

4. Pilih varietas favorit berdasarkan ruang

Varietas tomat yang kecil akan tumbuh dengan baik dalam pot. Tomat jenis ini juga cenderung menghasilkan lebih banyak buah. Tomat tersebut juga akan matang lebih cepat.

5. Cara menyiram tomat

Anda cukup menyiram tanaman tomat dua hingga tiga kali dalam sepekan. Pastikan bahwa Anda menyirami tanah, bukan daun tanaman.

Perlu diingat pula, bahwa tanah yang basah dan tanah yang lembap adalah dua hal yang berbeda. Jika air tak mengalir dan membuat tanah jadi lembek, akar akan membusuk.

6. Beri pupuk

Tanaman tomat akan tumbuh subur jika diberi asupan makanan yang tepat. Nitrogen akan membuat tanaman tumbuh subur dan hijau. Fosfor mendorong pertumbuhan buah. Sementara kalium meningkatkan warna dan rasa buah.

Pilih pupuk yang rendah nitrogen dan fosfor, serta mengandung potasium yang tinggi. Terlalu banyak nitrogen akan menghambat pembuahan.

7. Perawatan saat tanaman mulai tumbuh

Saat tanaman tomat Anda mulai tumbuh, ikat dengan benang ke tiang. Cara itu dilakukan agar tanaman tomat Anda berdiri dengan ajek.

Setelah tanaman mulai berbunga, Anda bisa melihat buah pertama mereka sekitar 30 hari kemudian.

Saat tanaman tumbuh, singkirkan tunas yang tumbuh berbentuk V antara batang utama dan daun. Cara ini dilakukan untuk mendorong pertumbuhan buah yang lebih besar.

Sumber: CNN Indonesia