Blog •  20/07/2021

940 Hektar Padi Siap Panen di Desa Sungai Buaya Mesuji Agustus Mendatang

Kupastuntas.co, Mesuji - Pada awal bulan Agustus 2021 mendatang, di Desa Sungai Buaya, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji akan memasuki musim panen tanaman padi.

Desa Sungai Buaya memiliki lahan pertanian tanaman padi seluas 940 hektar. Tanaman padi tersebut sudah siap untuk dipanen pada awal bulan Agustus 2021 mendatang. 

Menurut Staf Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji zaenudin, bahwa target produktivitas tanaman padi perhektar diharapkan mencapai 6 Ton gabah.

Pada tahun ini tanaman padi di Desa Sungai Buaya terbilang baik. Sebab pertumbuhan dan perkembangannya tanpa adanya gangguan Organisme Penggangu Tumbuhan (OPT) yang mengkhawatirkan. 

"Alhamdulillah tanaman padi aman, namun tetap harus dimonitoring terkait populasi OPT oleh petani & petugas penyuluh lapangan," ujar Zaenudin. 

Pada saat ini beberapa petani sudah mulai menggunakan pola tanam Jajar Legowo (Jarwo). Pola tersebut digunakan oleh petani di Desa Sungai Buaya dalam menanam tanaman padi. 

Sebab pola tanam tersebut telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas tanaman padi. Dibandingkan dengan pola lama (tradisional) yang dulu digunakan oleh petani.

"Pola Jarwo sudah lumayan banyak diterapkan oleh petani saat ini Mas, tetapi harus tetap dioptimalkan teknisnya, agar sesuai harapan," ujar Zaenudin.

Sistem penanaman padi dengan pola tanam Jarwo diharapkan dapat meningkatkan produktivitas hasil panen para petani secara berkelanjutan. 

Sumber: Kupastuntas