Blog •  12/05/2021

96 Kelompok Tani di Lubuk Pinang Terima Bantuan Benih Padi Unggul

© Antara
© Antara

Bisnis.com, MUKOMUKO – Sebanyak 96 kelompok tani yang diusulkan sebagai calon penerima bantuan benih padi unggul dari pemerintah pusat tahun 2021 menerima bantuan tersebut. Plt. Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sugiyanto, mengemukakan bahwa bantuan itu telah didistribusikan. “Semua petani telah menerima bantuan benih padi tersebut,” ungkapnya di Kota Mukomuko, ibu kota Kabupaten Mukomuko.

Sugiyanto menjelaskan seluas 2.000 hektare persawahan milik 96 kelompok tani yang tersebar di enam desa di Kecamatan Lubuk Pinang tahun ini mendapatkan bantuan benih padi unggul tersebut. Luas lahan persawahan milik petani di daerah yang mendapatkan bantuan benih padi unggul dari pemerintah pusat tahun ini lebih luas dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni 1.100 hektare. Namun, luas lahan sawah milik petani setempat yang menerima bantuan benih padi unggul dari pemerintah pusat pada tahun ini lebih sedikit dari usulan tahun sebelumnya seluas 3.700 hektare.

Sugiyanto mengutarakan tahun ini hanya lahan sawah milik petani di Lubuk Pinang yang menerima bantuan benih padi unggul tahun ini untuk memudahkan penyaluran bantuan. Kemudian, hanya lahan sawah milik petani di satu wilayah yang menerima bantuan ini guna menghindari konflik sosial di tengah masyarakat petani yang tidak mendapatkan bantuan tersebut.

Sumber: Bisnis