Blog •  13/07/2020

Antisipasi Kelangkaan Bahan Pangan Ditengah Pandemi, Koramil 0909-02/Sangkulirang Tanam Jagung

KUTAI TIMUR - Dalam rangka mengantisipasi kebutuhan akan pangan ditengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah sampai dengan saat ini, Koramil 0909-02/Sangkulirang melalui Babinsa jajarannya menggalakkan peningkatan potensi pertanian khususnya tanaman jagung guna mencukupi serta antisipasi akan kebutuhan pangan di kemudian hari

Babinsa Koramil 0909-02/Sangkulirang yang juga membawahi Kecamatan Kaubun, Serka Ibad, saat ditemui disela-sela melaksanakan perawatan dan pembersihan tanaman jagung seluas 1 hektar di lahan ketahanan pangan Koramil 0909-02/Sangkulirang Desa Bumi Jaya Kecamatan Kaubun menyampaikan bahwa program ini adalah salah satu instruksi dari Dandim 0909/Sangatta, Letkol Czi Pabate, yang diselesaikan melalui Danramil Sangkulirang, Kapten Cba Heru. 

"Pembersihan lahan tersebut bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan dari tanaman jagung tersebut agar tanaman jagung tersebut dapat tumbuh subur dan sesuai dengan harapan, apalagi di Kabupaten Kutim ini yang musimnya bisa dibilang tidak menentu, kadang hujan semingguan kadang juga panas. Oleh sebab itulah kami melakukan pembersihan di areal gulutan tanam jagung tersebut," jelas Serka Ibad. Minggu, (12/07/2020).

Dikonfirmasi terpisah, Danramil Sangkulirang Kapten Cba Heru menambahkan bahwa program ketahanan pangan tersebut dilaksanakan di seluruh wilayah binaan Koramil 0909-02/Sangkulirang.

Langkah tersebut juga diambil untuk menyukseskan program ketahanan pangan yang telah digaungkan oleh Pemerintah sebagai langkah antisipatif terkait ketersediaan sembako selama masa penanganan Covid-19.

"Instruksi dari Dandim 0909/Sangatta, Letkol Czi Pabate, agar setiap Koramil melaksanakan program ketahanan pangan dan bersinergi dengan masyarakat dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19, dan kami wujudkan dalam penanaman jagung dan juga umbi-umbian di beberapa Desa binaan lainnya," ucapnya.

Sumber: Suara Indonesia