Blog •  2019-12-27

Basmi Hama Padi, Petani Abdya Lakukan Penyemprotan Massal

Blangpidie, Aceh () – Petani Desa Ie Lhob, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan penyemprotan massal untuk membasmi hama walang sangit yang menyerang tanaman padi mereka sejak sepekan terakhir.

Kegiatan penyemprotan hama walang sangit yang berlangsung di areal persawahan Desa Ie Lhob, Kecamatan Tangan-Tangan tersebut ikut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Abdya, Nasruddin, Selasa.

Kadis Nasruddin bersama Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Holticultura, Darwis dan petugas penyuluhan ikut serta memikul Knapsack Spayer lalu melakukan penyemrpotan bersama-sama dengan petani.

Adapun obat kimia yang digunakan oleh petani untuk melakukan penyemprotan massal tersebut merupakan obat pembasmi hama padi jenis insektisida yang diberikan secara gratis oleh petugas Pengendalian Hama Penyakit (PHP) setempat.

Kepala Desa Ie Lhob, Mawardi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kadis Pertanian Abdya karena pihak pemerintah telah ikut berpartisipasi membantu masyarakat dalam membasmi dan mengendalikan serangan hama walang sangit.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan penyemprotan massal hari ini, hama walang sangit bisa hilang dan tidak lagi menganggu tanaman padi masyarakat, sehingga hasil produksi yang diperoleh petani saat panen bisa meningkat,” katanya.

Walang sangit merupakan hama yang menyerang tanaman padi di sawah dan hama jenis ini umumnya menyerang tanaman padi pada fase mengeluarkan malai hingga pemasakan dengan cara menghisap.

Sehingga bila tidak segera diatasi ataupun di basmi dengan mengunakan obat Insektisida akan menyebabkan bulir padi milik petani menjadi kosong ataupun hampa karena proses pengisian bulirnya tidak sempurna. 

Sumber: Harian Aceh