Blog •  30/12/2020

Bhabinkamtibmas Tri Mandayan, Ikut Warga Panen Padi

© TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
© TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Bhabinkamtibmas Desa Tri Mandayan, Polsek Teluk Keramat, Aipda Tawani S.Sos, ikut serta panen padi perda dengan warga desa dan Kelompok Tani Kemudi 1, Selasa 28 Desember 2020.

Kegiatan itu dilaksanakan di Dusun Tanjung Gunung, Pemungkinan Pertanian, Desa Tri Mandayan, Kecamatan Teluk Keramat.

Dijelaskan oleh Aipda Tawani, kegiatan panen padi yang mereka laksanakan hari ini adalah panen padi perdana Kelompok Tani Kemudi 1.

"Hari ini telah dilaksanakan ngubin padi panen perdana Kelompok Tani  Kemudi 1 di Dusun Tanjung Gunung, Desa Tri Mandayan," ujarnya.

Dijelaskan Tawani, dari hasil panen perdana itu Kelompok Tani Kemudi 1 bisa menghasilkan 700 Kg gabah kering. Namun demikian, hasil itu dirasakan belum maksimal, karena ada beberapa kendala yang di hadapi oleh petani.

"Luas tanamnya kurang lebih 1.600 meter persegi, dengan hasil 700 kilogram. Tapi mereka masih menemukan kendala, seperti tanah petani yang tidak diolah dengan traktor dan lahannya kering," tuturnya.

"Selain itu, juga terserang hama wereng dan orong orong," ungkapnya.

Oleh karenanya, dia berharap kedepan agar indeks penanaman   padi dalam satu tahun bisa dilakukan sebanyak dua kali. Dengan cara tanam jajar logowo.

"Dan benih unggul yang bersertifikat sesuai lokasi lahan. Kita juga berharap ini nantinya akan meningkatkan hasil ketahanan pangan di Kecamatan Teluk Keramat, khususnya di Desa Tri Mandayan," katanya.

Lebih lagi kata dia, saat ini dalam situasi Pandemi Covid-19. Karenanya, panen ini diharapkan bisa memperkuat ketahanan pangan Kecamatan Teluk Keramat.

"Kepada pemerintahan daerah juga diharapkan membantu kebutuhan petani untuk meningkat hasil petani berupa pupuk kimia dan organik, insektisida, dan pengolahan lahan atau traktor," tutupnya.

Untuk diketahui, turut hadir di kegiatan tersebut, Camat Teluk Keramat Budi Susanto, Kepala Desa Tri Mandayan Bujang Suhardi, Koordinator BPP Kecamatan Teluk Keramat, Dadang Suhendar.

Sumber: TRIBUNPONTIANAK