Blog •  07/04/2020

Bocah SD Ahli Mesin, Sukses Bikin Alat Perontok Biji Jagung

© (Foto: Net.Z)
© (Foto: Net.Z)

GenPI.co - Masih ingatkah, apa yang pernah kamu lakukan dulu saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD)? Pasti kita dulu masih berkutat dengan belajar membaca, melakukan perhitungan dasar dan pastinya bermain dengan teman sebaya.

Namun berbeda dengan Ahnaf Fauzy Zulkarnain. Saat ia duduk di bangku SD Karangejek II, Gunung Kidul, Yogyakarta, ia sudah mampu membuat inovasi yang sangat luar biasa di bidang mesin.

Bocah yang kerap dipanggil Ahnaf ini, berhasil menjadi membangun mesin Perontok Jagung, di usianya yang baru menginjak 12 tahun. Kini mesin hasil ciptaannya tersebut digunakan oleh petani di daerahnya.

Awal ini tercipta karena kesulitannya merontokan biji jagun secara manual.  Karena ia hanya menggunakan tangan untuk merontokkan jagung tersebut, tangannya menjadi lecet dan perih.

Setelah itu, ia terus berinovasi untuk menciptakan alat yang bisa membantunya untuk merontokkan jagung. Kemudian terciptalah mesin perontok jagung buatannya sendiri.

Mesin perontok jagung ini sangat mudah untuk digunakan. Mesinnya berbentuk silinder dengan bantalan karet.

Untuk merontokkan jagung, jagung hanya perlu ditempelkan pada bagian yang berputar pada mesin, dan jagung akan rontok secara otomatis.

Selain dapat digunakan menggunakan tenaga listrik, mesin perontok jagung ini juga dapat digunakan secara manual dengan memutar tuas yang ada. Tak hanya jagung, ternyata mesin ini juga dapat digunakan untuk mengiris singkong.

Tentunya, dalam menciptakan mesin ini Ahnaf tak sendiri. Dalam prosesnya, ia diawasi sang Ayah, karena mesin ini menggunakan beberapa alat berbahaya, seperti pisau.

Berkat penemuannya ini, Ahnaf berhasil mendapat penghargaan sebagai peneliti Cilik Terunggul Kalbe Junior Scientist Award pada tanggal 26 Juli 2016 lalu. Ia juga berhasil mengalahkan 900 peserta lainnya.

Sumber: GenPI