Press Release •  24/10/2019

Bupati Landak Ajak Masyarakat Tanam Jagung di Area Replanting Sawit

Something went wrong. Please try again later...

LANDAK - Bupati Landak melakukan penanaman perdana jagung di areal replanting tanaman sawit yang merupakan eks plasma PTPN 13 di Desa Amboyo Utara, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak pada Rabu (23/10/19).

Penanaman jagung ini merupakan langkah Bupati Landak dalam mengajak masyarakatnya untuk dapat memanfaat lahan yang ada agar dapat difungsikan dengan baik sehingga masyarakat khususnya para petani sawit dapat memiliki penghasilan melalui tanaman jagung.

"Ini adalah programnya pemerintah yang banyak pro dan kontra, padahal ini program Presiden Jokowi yang sangat bagus. Di Indonesia yang bisa berjalan cukup luas dan paling sukses hanya di Kabupaten Landak," ujar Karolin.

Lanjut dia, hal ini dikarenakan ia selaku Bupati Landak sangat serius membantu para petani di Kabupaten Landak dalam meningkatkan pendapatan.

"Mengusur ini perlu banyak Lembaga dan Kementerian yang harus kita hadapi," ucap Bupati.

Karolin menjelaskan, program ini merupakan kerjasama besar yang dilakukan antara pihak pemerintah, masyarakat dan pihak swasta dengan bergotong royong membantu para petani dalam hal membangun pertanian yang baik mulai dari hulu hingga ke hilirnya.

"Program ini akan kita teruskan dari mulai pebibitan, penanaman, pemanenan, dan penjualannya karena disini kita saling bergotong royong," harapnya.

Selain itu, pihak pemerintah memberikan fasilitasnya, masyarakat yang mengolahnya dan pihak swasta dalam hal ini CU Pancur Kasih juga siap untuk membeli hasil pertanian jagung serta pihak swasta yang lain. "Program ini akan kita lanjutkan ke desa-desa lain yang ada di Landak," ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Landak mengajak para petani untuk terus bersama-sama pemerintah berjuang membangun pertanian di Kabupaten Landak, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Landak.

"Saya menyadari kehidupan para petani yang harus bekerja untuk menghidupi keluarganya, maka dari itu Saya terus mengajak para petani untuk selalu bersama-sama pemerintah dalam membangun pertanian di Kabupaten Landak demi mewujudkan petani landak yang sejahtera," harap Bupati.

Sementara itu Plt Kadis Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak Alpius mejelaskan, penanaman jagung ini merupakan salah satu contoh dalam memanfaatkan lahan eks sawit ataupun lahan sawit yang bisa dimanfaatkan lahannya.

"Ini merupakan penanaman yang terintgrasi antara tanaman sawit dengan tanaman jagung, dengan tujuan untuk memberikan potensi pertanian lain di lahan sawit ataupun lahan eks sawit. Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan pertanian Kabupaten Landak menjadi Daerah Swasembada Pangan di Kalimantan Barat," terang Alpius.

Sumber: Tribunnews