Blog •  09/03/2021

Bupati RL Panen Raya Bawang Merah

 

Realitapost.com, Rejang Lebong - Panen Raya Bawang Merah bersama Bupati RL, Drs. Syamsul Effendi, MM yang dilaksanakan di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi, Senin (  8 / 3 / 2021 ), pukul 09.30 Wib berjalan sukses.

Kegiatan yang dihadiri oleh sejumlah pejabat teras seperti Asisten II Setkab RL, Zulkarnain, MT, Kadis PUPR - PKP RL, Yusran, ST, Kadis Pertanian dan Peternakan RL, Suherman, SP, Msi, Kakan Satpol PP. Drs. Rahman Yuzir, Kepala Bappeda, Asli Samin serta Kades Belitar Seberang, Kasyadi tersebut merupakan kegiatan panen raya Bawang Merah varietas Batu Hijau Kelompok Karomah dan Barokah melalui program Holtikultura Sumber Dana Tugas Pembantu APBN Dirjen Holtikultura Tahun 2020.

Dalam sambutanya, Bupati RL, Drs. Syamsul Effendi, MM dilokasi kegiatan Panen Raya Bawang Merah,  Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi, Senin (  8 / 3 / ), pukul 12.00 Wib mengatakan jika komoditi unggulan Bawang Merah ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan bagi petani di Kabupaten Rejang Lebong.

" Bawang merah merupakan komoditi yang menjanjikan bagi para petani Rejang Lebong. Kenapa tidak, selain ditopang oleh topografi dan iklim yang memadai, hasil komoditi Bawang Merah ini sendiri secara teknis mampu mencapai hasil panen 1 : 10. Itu artinya, kedepan petani mampu meraup keuntungan di setiap tahunnya, " tegasnya.

Apalagi, jelasnya, jika dilihat dari faktor harga bawang yang belakangan diketahui terus mengalami peningkatan.

" Harga bawang dipasaran jarang sekali mengalami penurunan. Kedepan, kita berharap dinas Pertanian dan Peternakan RL dapat melakukan pemetaan lahan untuk pengembangan bawang merah ini," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan RL, Suherman, SP, M.Si mengatakan jika dirinya beserta sejumlah kelompok tani yang ada di Desa Belitar Seberang mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati RL yang secara langsung berkunjung dan melaksanakan pemanenan Bawang Merah tersebut.

" Alhamdulilah saat ini Kabupaten Rejang Lebong mendapatkan apresiasi nomor 5 di Kementrian Pertanian RI. Adapun jumlah bantuan tahun ini mencapai 15 hektar dan kita sebar di Kecamatan Sindang Kelingi dan Kecamatan Selupuh Rejang," tegasnya.

Ditambahkan oleh Kades Belitar Seberang, Kasyadi menuturkan jika saat ini warga Desa Belitar Seberang mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan dan pembinaan yang diberikan Pemkab RL melalui Dinas Pertanian dan Peternakan RL saat ini.

" Semoga kedepan sejumlah bantuan akan kembali kita terima. Dan kepada Bupati RL kami haturkan ribuan terima kasih yang sebesar - besarnya," tegasnya.

Sumber: Realitapost