Blog •  10/03/2021

Bupati Rejang Lebong Ikut Panen Raya Bawang Merah di Desa Belitar Seberang

Bengkulutoday.com - Setelah panen raya, saat diwawancarai oleh awak media bupati mengungkapkan bahwa Kabupaten Rejang Lebong khususnya di daerah Sindang Kelingi dan sekitarnya sangat memungkinkan untuk pengembangan potensi bawang merah dengan varietas tertentu, salah satunya adalah varietas baju hijau.

Selain memungkinkan, kita akan lebih memperhatikan karena bawang merah juga mempunyai dampak positif terhadap nilai jual pertanian di Kabupaten Rejang Lebong sehingga bisa menstabilkan harga di masyarakat.

“Daerah kita seperti daerah lembak, sangat memungkinkan untuk ditanami bawang merah karena topografi dan suhunya sedikit lebih panas jika dibandingkan dengan daerah yang lain. Ini juga akan menjadi perhatian kita untuk dikembangkan karena bisa menjanjikan,” ujar bupati Drs Syamsul Effendi M.Si

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong, Suherman SP M.Si menjelaskan bahwa kegiatan panen raya bawang merah kali ini dilakukan di lahan masyarakat dari Kelompok Tani Karomah Desa Belitar Seberang, dengan target panen sekitar 15 ton. Kegiatan panen bersama bupati dan keberhasilan uji potensi pengembangan bawang merah varietas baju hijau di Kabupaten Rejang Lebong ini sangat layak dan akan disampaikan kepada Kementrian dan Dirjen Hortikultura.

“Panen di lahan Kelompok Tani Karomah, dengan perkiraan hasil panen 15 ton varietas baju hijau, kedepan kita akan sampaikan ini kepada Kementrian dan Dirjen Hortikultuta bahwa hasil uji potensi di Kabupaten Rejang Lebong sangat cocok,” tutur Suherman SP M.Si.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Asisten II Sekda Rejang Lebong, Kepala BAPPEDA Rejang Lebong, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rejang Lebong, Camat Sindang Kelingi, Babinsa, PPL, Kepala Desa Belitar Seberang dan Masyarakat Desa Belitar Seberang.

Sumber: Bengkulutoday