Blog •  28/06/2021

Cara Menanam Tomat Mudah dan Sederhana, Hobi Baru Saat Pandemi

© Dok. Elements Envato
© Dok. Elements Envato

Suara.com - Tahukah anda bahwa berkebun merupakan salah satu kegiatan yang dapat menurunkan tingkat stress. Bagaimana kalau anda coba dengan cara menanam tomat terlebih dahulu.

Apalagi ditengah pandemi seperti ini, kegiatan tanam-menanam menjadi hobi baru. Dengan menanam sayuran atau tanaman pokok kebutuhan rumah tangga akan lebih mudah terpenuhi. 

Terlebih bagi anda yang hidup di tengah hiruk-pikuknya kota besar, tentunya melihat tanaman hijau menjadi kepuasan tersendiri. Sayangnya tidak banyak dari kita yang menyadari hal tersebut, bercocok tanam masih menjadi hal yang tabu bagi sebagian orang.

Berkebun masih dianggap sebagai sesuatu tidak praktis untuk dilakukan, nyatanya ada beberapa tanaman yang cara menanamnya cukup mudah dilakukan. Menanam tomat misalnya, berikut adalah ulasan tentang cara menanam tomat mudah dan sederhana.

Cara Menanam Tomat

Setelah mengetahui jenis-jenis tomat apa saja yang dapat ditanam di Indonesia, kini saatnya anda membahas cara menanamnya. Berikut adalah tata cara menanam tomat yang dapat anda lakukan secara mandiri dirumah masing-masing.

1. Pilih Bibit Tomat Berkualitas

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memilih bibit-bibit tomat yang berkualitas, tentunya anda menginginkan tomat yang nantinya tanam memiliki kualitas terbaik. Faktor utamanya adalah bibi yang berkualitas.

2. Tentukan Media yang akan Digunakan

Langkah kedua adalah anda harus menentukan dimana tomat tersebut nantinya akan di tanam, media penanaman dapat berupa tanah maupun pot. Keduanya akan berpengaruh pada cara perawatan tanaman tomat tersebut.

3. Pembibitan

Tahap ini juga dikenal dengan penyemaian, proses ini dilakukan dengan cara mencampurkan bibit tomat yang sudah anda pisahkan kemudian dicampurkan dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Pastikan pada tahap ini benih tomat tersebut ada pada tempat yang teduh, agar benih tersebut tidak rusak.

4. Penanaman Tomat

Lanjutkan dengan memindahkan bibit yang sudah disemai kedalam media tanam yang sudah anda tentukan sebelumnya. Umumnya dalam waktu 1 bulan pada benih tersebut akan muncul daun.

Setelah itu tambahkan dengan campuran tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 1:1:1, jangan lupa untuk menambahkan penyangga pada batang tomat

5. Perawatan

Untuk perawatan anda cukup melakukan penyiraman setiap harinya (pagi,siang,sore), jangan lupa untuk memberikan pupuk kompos agar tomat lebih organik.

6. Masa Panen

Dalam jangka waktu 2-3 bulan tomat yang anda tanam sudah dapat dipanen.

Jenis-Jenis Tomat

Setelah membahas tentang cara menanam tomat alangkah baiknya kita mengetahui jenis-jenis tomat yang dapat anda tanam. Hal ini bertujuan agar nantinya kita mengerti karakteristik dari tanam yang kita tanam tersebut.

Berikut adalah jenis-jenis tomat yang perlu anda ketahui:

1. Tomat Anggur

Sesuai dengan namanya, jenis tomat yang satu ini memiliki bentuk yang menyerupai buah anggur. Tomat anggur memiliki kandungan air yang rendah dibandingkan dengan jenis tomat lainnya.

2. Tomat Ceri

Jenis tomat yang kedua adalah tomat ceri, tomat ini memiliki bentuk yang menyerupai buah ceri. Umumnya tomat jenis ini dimanfaatkan untuk membuat masakan tumis dan salad, bagian buah tomat mengeluarkan rasa manis.

3. Tomat Roma

Ciri-ciri dari tomat ini adalah bentuknya yang lebih lonjong dibandingkan dengan jenis tomat lainnya, tomat ini juga memiliki kulit yang lebih tebal dan rasa yang lebih asam.

4. Tomat Bistik

Tomat bistik memiliki bentuk fisik yang lebih besar dibandingkan dengan jenis tomat lainnya, dilihat dengan mata telanjang pun dapat kita simpulkan bahwa tomat ini memiliki kandungan air yang banyak

Demikian adalah ulasan tentang cara menanam tomat mudah dan sederhana. Semoga dapat membantu bagi anda yang ingin menanam tomat di rumah masing-masing.

Sumber: Suara