Blog •  12/05/2021

Cara Panen Tomat agar Rasanya Lebih Enak

© PIXABAY/DIAPICARD
© PIXABAY/DIAPICARD

KOMPAS.com - Salah satu bagian paling menarik dari menanam tomat adalah ketika kita memanen dan merasakan hasilnya. Namun ternyata ada beberapa hal yang dapat dilakukan supaya mendapatkan hasil panen yang maksimal dan rasanya lebih nikmat. Yang jelas, setiap kali memanen tomat, pastikan memetik pada saat buah mencapai kematangan puncak dan kemudian menyimpannya dengan benar. Berikut ini sejumlah tips yang dapat kita gunakan dalam menanam dan memanen tomat agar memiliki rasa yang enak seperti yang dilansir dari laman Better Homes & Gardens.
1. Gunakan sea salt sebagai pupuk Kita mungkin pernah mendengar sebelumnya bahwa garam dapat merusak tanaman dan dapat membunuh apa pun yang tumbuh di sekitarnya. Memang benar terlalu banyak garam bisa berdampak buruk bagi tanaman. Tetapi beberapa penelitian dan uji rasa menunjukkan bahwa tomat yang ditanam dengan air payau yang asin pada akhirnya akan terasa lebih enak. Kita tentu tidak harus tinggal di dekat laut untuk mencobanya sendiri. Kita bisa menggunakan SEA-90 yang merupakan pupuk organik dengan garam laut atau sea salt, yang bisa ditambahkan ke tanaman tomat. Pastikan juga untuk mengikuti petunjuk penggunaannya sehingga kita tidak memberi terlalu banyak garam yang justru merugikan. Pada kemasannya, dianjurkan mengencerkan satu sendok teh pupuk sea salt dengan satu galon (3,79 liter) air.

2. Pilih panen di waktu yang tepat Tomat mungkin akan menjadi terlalu matang jika kita hanya mengandalkan mata untuk mengetahui kapan harus memanen. Meskipun penting untuk memerhatikan warnanya untuk mendapatkan rasa terbaik, kita juga membutuhkan indra peraba. Jadi, sebelum memetik, tekan buah dengan lembut. Tomat yang lunak tandanya berarti sudah terlalu matang. Sebaliknya, pilihlah buah yang terasa agak empuk di bawah ujung jari. Selain itu, tomat yang matang juga akan mudah lepas dari tanaman dengan sentakan lembut.
3. Jangan langsung dimakan Sangat menggoda untuk mengiris tomat yang baru dipanen segera setelah kita membawanya masuk. Tetapi, kita akan mendapatkan hasil yang lebih enak jika bisa bersabar selama satu atau dua hari. Setelah dipetik, biarkan tomat lebih matang di tempat yang gelap. Sebab, tomat tidak membutuhkan cahaya ekstra, jadi kita dapat menyimpannya di lemari atau dapur pada suhu kamar selama satu atau dua hari agar rasanya lebih berkembang. Pastikan tempat penyimpanan kita tidak terlalu dingin dan jangan pernah menyimpan tomat di lemari es karena suhu di bawah 12°C akan merusak buah, serta rasanya.

Sumber: KOMPAS