Blog •  06/01/2021

Dandim Bersama Bupati Sumedang Panen Perdana Bawang Merah Karya Kodim 0610

SUMEDANG, eljabar.com — Dandim 0610/Sumedang Letkol. Inf. Zaenal Mustofa, SE, M.Si bersama Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, ST, MM  melaksanakan panen Bawang Merah perdana yang merupakan hasil karya Kodim 0610/Sumedang di lahan seluas 400 meter persegi di daerah Nalegong Kelurahan Kota Kulon Kabupaten Sumedang, Sabtu (02/01/2021).

Dandim 0610/Sumedang mengatakan, bersama dengan Bupati Kabupaten Sumedang beserta Staf Kodim 0610/Sumedang dan superviser petani bawang dari Brebes berada dilahan percobaan tanaman bawang merah di Kabupaten sumedang ini merupakan musim pertama kebetulan tempatnya dilahan kodim,

“Alhamdulillah pengolahannya ada superviser dari Brebes petani bawang yang sukses sehingga pekerjaan kami tidak sia-sia, dari pengolahan tanah sampai tanam perkembangan dan sampai hari ini, kami bisa melaksanakan panen perdana,” kata Dandim.

Ini menjadi suatu alternatif bagi para petani di Kabupaten Sumedang karena bawang ini merupakan kebutuhan pokok yang tidak mungkin tidak dibutuhkan setiap hari oleh ibu-ibu rumahan, rumah makan, perhotelan pasti membutuhkan bawang sehingga kebutuhan ini menjadi suatu tujuan petani bawang bisa mengembangkan bawang terutama di Kabupaten Sumedang.

“Bukan tidak bisa ternyata bisa dan berhasil perkiraan dari superviser kurang lebih cuma 400 m2 bisa mencapai 5 ton ke atas. Artinya penghasilan lebih dari 50% ini saya katakan bisa jadi alternatif petani di Kabupaten sumedang,” ucap dandim

Bupati Sumedang sangat mengapresiasi kegiatan ini, dengan inisiatif Pak Dandim memamfaatkan lahan Kodim ditanami dengan bawang merah dan alhamdulillah berhasil bahkan kualitasnya lebih baik dan nilai ekonomis bawang dengan padi lebih tinggi bawang merah, ini bisa menarik bagi para petani lainnya untuk bisa menanam bawang di Kabupaten Sumedang karena nilai ekonomisnya lebih tinggi.

“Ayo kita sambut tahun baru ini dengan meningkatkan kinerja kita, meningkatkan pendapatan kita dan terus kreatif cari mana yang lebih untung termasuk bawang merah ternyata sekarang sudah bisa ditanam dengan berhasil di Kabupaten Sumedang,” kata bupati.

Pak Dandim, lanjut bupati, memberikan keteladanan dan memberikan contoh yang luar biasa dan bisa memotivasi yang lainnya, menarik minat warga Sumedang. Kalau ingin belajar dan berlatih cara menanam bawang merah datanglah ke Kodim 0610/Sumedang.

“Kodim Siap meng Share ilmunya tentang menanam bawang dan ada ahlinya juga Mas Asikin dari Brebes, dan ini semua buat kesejahteraan warga Sumedang terutama buat para petani,” pungkas bupati.

Sumber: Eljabar