Blog •  18/05/2020

Dinas Pertanian Bartim Kembangkan Tanaman Jagung Pakan Ternak Dikecamatan Awang

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dinas Pertanian kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah pada musim tanam April – September (Asep) ini akan melakukan penganekaragaman atau diversifikasi tanaman pangan di wilayah Kecamatan Awang.

Kepala Dinas Pertanian Bartim Ir. Riza Rahmadi mengatakan “Pada musim tanam Asep ini Dinas Pertanian mengikutkan desa Pianggu, Apar Batu dan Janah Mansiwui dalam pengembangan budidaya tanaman jagung pakan ternak”, ucapnya, Minggu (17/05/2020).

Walaupun tidak begitu besar, kita harapkan di musim tanam asep ini yang biasanya lahan tidak dimanfaatkan, bisa digunakan untuk menanam jagung. Untuk benih jagungnya Dinas Pertanian yang akan menyediakan.

Dilanjutkan Riza, selama ini beberapa desa di Kecamatan Awang seperti desa Pianggu, Apar Batu dan Janah Mansiwui hanya mengenal tanaman pangan padi ladang dan padi sawah.

“Saya berharap dalam tiga bulan ke depan petani di desa tersebut sudah bisa panen jagung sebelum memasuki musim tanam berikut”, harapnya.

Sementara itu Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) kecamatan Awang, Galura menjelaskan “Penyuluh pertanian di BPP Awang siap mendampingi petani untuk pengembangan budidaya jagung pakan ternak”, ungkapnya.

Rencana luas tanam jagung di kecamatan Awang pada musim tanam asep ini seluas 75 hektare. Di Desa Pianggu sendiri seluas 5 hektare yang terbagi dalam tiga kelompok tani, pungkasnya 

Sumber: TEWENEWS