Blog •  10/08/2021

Dinas Pertanian OKU salurkan bantuan 375 kilogram bibit jagung

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyalurkan bantuan sebanyak 375 kilogram bibit jagung kepada kelompok tani di wilayah Kecamatan Lubuk Batang untuk membantu petani bercocok tanam.

"Ada lima kelompok tani di Kecamatan Lubuk Batang yang mendapat bantuan bibit jagung tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu (OKU), Joni Sahiu didampingi Kabid Tanaman Pangan, Septianita di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, bantuan tersebut merupakan usulan yang disampaikan lima kelompok tani di wilayah itu pada 2020 dan baru direalisasikan pemerintah tahun 2021 ini.

Bantuan tersebut diberikan pemerintah untuk membantu petani agar dapat kembali bercocok tanam setelah ratusan hektare lahan jagung di wilayah itu gagal panen akibat banjir yang terjadi beberapa bulan lalu.

Total bantuan yang diberikan yaitu sebanyak 375 kilogram bibit jagung jenis Pioneer P35 untuk ditanam di atas lahan seluas 25 hektare yang ada di Desa Lubuk Batang Lama, Kecamatan Lubuk Batang.

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat memberikan semangat baru bagi para petani untuk menanam jagung setelah gagal panen akibat banjir beberapa waktu lalu," harapnya.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Desa Lubuk Batang Lama, Faruq Adikarya menerangkan, lima kelompok tani yang mendapat bantuan bibit jagung yaitu Gerincing Makmur, Tunas Harapan, Seketi Indah, Kiambang Jaya dan Kelompok Tunas Baru.

Menurut dia, bantuan tersebut sangat diharapkan petani untuk bercocok tanam setelah mengalami kerugian karena lahan jagung yang baru ditanam dilanda banjir hingga gagal panen.

"Bantuan bibit ini dapat memberikan semangat baru bagi petani untuk kembali menanam jagung guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," kata dia.

Sumber: ANTARA