Blog •  07/10/2021

Dinas Pertanian Pesibar Targetkan Produksi Padi 94.809 Ton Pada 2021

© Tribunlampung.co.id / Deni Saputra
© Tribunlampung.co.id / Deni Saputra

Kupastuntas.co, Pesisir Barat - Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menargetkan produksi padi sebanyak 94.809 ton pada tahun 2021.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Pesibar, Unzir, S.P mengatakan, target tersebut hingga kini sudah terealisasi sebanyak 80 persen atau 75.847 ton dari target yang telah ditetapkan.

"Untuk mencapai sasaran produksi yang telah ditetapkan, perlu adanya upaya strategi pencapaian sasaran tersebut, diantaranya melalui peningkatan produktivitas padi dan peningkatan luas tanam padi," jelas Unzir, saat dikonfirmasi Kupastuntas.co, Selasa (5/10/2021).

Oleh hal itu lanjutnya, pihaknya saat ini tengah berupaya meningkatkan produktivitas padi yang ada di wilayah setempat.

"Saat ini difokuskan pada cara pengolahan lahan, penggunaan benih unggul, pemupukan berimbang, penanaman jajar legowo, penggunaan alat mesin pertanian, dan kita berusaha mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang tanaman milik petani," jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga tengah mengupayakan peningkatan luas tanam padi untuk meningkatkan produksi padi petani dengan cara pembangunan/rehabilitasi jaringan irigas tingkat usaha tano (Jitut), pembangunan embung, dan pemanfaatan pompa air.

Ia menambahkan, sebelumnya pihaknya juga telah memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian bagi masyarakat setempat untuk menunjang produksi padi di wilayah setempat.

"Kita berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat menunjang produksi padi di wilayah kita serta dapat menghasilkan padi dengan kualitas yang baik," jelasnya.

"Kita juga tentu berharap produksi padi kita setiap tahun nya meningkat agar kebutuhan masyarakat kita selalu terpenuhi, dan kita dapat segera mencapai target produksi yang telah ditentukan," Tandas Unzir.

Sumber: TRIBUNLAMPUNG