Blog •  05/05/2021

Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur Siapkan Lahan Budidaya Jagung Pasca Bencana

Something went wrong. Please try again later...
© POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
© POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Pihak Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur tengah mempersiapkan lahan untuk budidaya tanaman jagung pasca bencana.

Penanaman simbolis perdana direncanakan akan dilakukan oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat.

Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Mb. Muku, S.P, M Si Selasa (4/5/2021).

Menurut Oktavianus, sesuai rencana, Gubernur NTT akan melakukan penanaman perdana jagung di Lambanapu, Kecamatan Kambera. Penanaman jagung ini juga merupakan program dari Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) dan dilaksanakan pasca bencana alam banjir dan Siklon Tropis Seroja.

"Kita sedang persiapkan lahan untuk pelaksanaan tanam jagung secara simbolis oleh bapak Gubernur NTT. Selain lahan, kita juga pastikan air untuk budidaya jagung tersebut," kata Oktavianus.

Dijelaskan, penanaman perdana itu sebagai efek dari kerusakan Bendung Kambaniru akibat banjir bandang beberapa waktu lalu.

Penanaman jagung ini akan memanfaatkan air irigasi dari Bendung Kambaniru yang dialirkan secara darurat.

"Namun, kita juga telah siapkan mesin pompa air sebanyak tujuh unit,sambil menunggu upaya perbaikan Bendung Kambaniru," katanya.

Dikatakan, ketika kunjungan Gubernur NTT, Bupati Sumba Timur telah memerintahkan dirinya agar mempersiapkan penanaman perdana jagung.

"Perintah pak bupati kepada rekanan supaya dalam waktu satu minggu ini sudah bisa diairi walaupun sifatnya darurat, tapi minimal agar kegiatan masyarakat petani bisa berjalan.

Pak gubernur dan pak bupati juga perintahkan saya sebagai kepala dinas untuk melakukan penanaman perdana efek dari perbaikan kerusakan bendungan itu," ujarnyanya.

Sumber: POS-KUPANG