Blog •  17/11/2020

Distan dan Pangan Sumba Timur Panen Padi di Lahan Perbenihan Rindi

© Dokumentasi Distan dan Pangan Sumba Timu
© Dokumentasi Distan dan Pangan Sumba Timu

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Pihak Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur melakukan panen padi hasil perbenihan di Moleleng, Desa Lailanjang, Kecamatan Rindi. Perbenihan ini menggunakan lahan seluas 10 hektar (ha).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Mb. Muku, S.P,M.Si , Senin (16/11/2020).

Menurut Oktavianus, padi yang dipanen itu adalah padi perbenihan yang diusahakan di atas lahan seluas 10 ha. Lahan itu berada di Moleleng, Desa Lailanjang, Kecamatan Rindi.

"Kami sudah panen padi perbenihan di Rindi. Hasil panen cukup bagus dan diharapkan bisa dijadikan benih," kata Oktavianus.

Dijelaskan, panen yang dilakukan itu dengan hasil 5,5 ton per ha dan dari 10 ha luas lahan itu diperkirakan bisa mendapat padi sekitar 50 -an ton lebih.

Ditanyai apakah padi itu langsung dijadikan benih masih disimpan, dia mengatakan, hasil panen itu harus diuji di laboratorium benih di Provinsi NTT.

"Kalau audah lulus uji laboratorium di propinsi, maka kita sudah bisa jadikan benih yang bisa dijual oleh kelompok tani," katanya.

Sedangkan sumber daya untuk perbenihan itu, Oktavianus mengatakan, semua anggarannya bersumber dari APBD II Kabupaten Sumba Timur.

Sumber: POS-KUPANG