Blog •  01/03/2021

Dongkrak Swasembada Pangan Babinsa Bantu Petani Tanam Jagung

Something went wrong. Please try again later...

Kutacane –baranewsaceh.co – Untuk mendukung progran swasembada pangan, Kopda Khairul Amri Babinsa Posramil Ketambe jajaran Kodim 0108/Agara, melaksanakan kegiatan penanaman jagung komuditi P-29 seluas 0.5 Ha milik petani Maymunah (43) di Desa Simpur Jaya, Kecamatan Ketambe Kabupaten Aceh Tenggara, Minggu (28/02/21).

Sebelum dilakukan penanaman bibit jagung di lahan seluas 0.5 hektare, Kopda Khairul Amri terlebih dulu memberikan bimbingan tentang pentingnya penerapan disiplin Protokol Kesehatan kepada petani. Kemudian dilanjutkan proses penanaman jagung.

Babinsa Kopda Khairul Amri mengungkapkan, sesuai dengan anjuran pemerintah dimasa pandemi Covid-19 ini, para petani diharapkan untuk tetap menjaga produksi pertanian demi memperkuat ketahanan pangan.

“Untuk itulah kami sebagai aparat teritorial di wilayah, menindak lanjutinya dengan memberikan dorongan motivasi kepada petani dan memberikan pendampingan, agar petani tetap produktif untuk bercocok tanam sehingga produksi pertanian tetap terjaga untuk mendukung kebutuhan pokok masyarakat,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Danposramil Peltu Sabrizen menjelaskan, pendampingan Babinsa kepada petani dan kelompok tani sudah menjadi tugas TNI dalam mensukseskan program swasembada pangan dalam meningkatkan hasil produksi pertanian, baik itu padi, jagung maupun kedelai (Pajale).

Pendampingan yang dilakukan Babinsa ini sudah dimulai sejak pemilihan benih atau varietas yang cocok dengan kondisi geografi, penyiapan dan pengolahan lahan, masa penanaman, perawatan, pemupukan, hingga saat panen nantinya akan tetap didampingi oleh babinsa.

“Tentunya kita semua berharap kehadiran Babinsa dalam memberikan pendampingan ini, dapat memotivasi semangat para petani agar mengolah lahan dengan baik, tepat dan benar dalam pemeliharaan tanamannya, sehingga produksi pertanian dapat meningkat dan dengan sendirinya pendapatan petani akan bertambah,” ujarnya Peltu Sabrizen.

Sumber: Baranews Aceh