Blog •  18/05/2021

Dukung Swasembada Beras, Polri Siap Amankan Panen Padi

© Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
© Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Jakarta: Polri siap mengamankan sejumlah daerah yang segera panen padi. Hal ini sebagai upaya memperkuat sektor pertanian.

"Dengan swasembada beras, kita bisa melakukan ekspor," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan tertulis, Senin, 17 Mei 2021. 

Selain itu, Polri meminta Kementerian Pertanian dapat menyerahkan data pendistribusian pupuk bersubsidi. Nantinya, Polri mengawasi pendistribusian pupuk itu.

"Kalau ada yang tidak sesuai bisa ditelusuri di mana akar permasalahannya, yang terpenting petani tidak dirugikan," tutur dia.

Di sisi lain, Polri mendukung produksi kedelai dalam negeri dengan pemetaan lahan. Hal ini dipercaya bisa mendorong produksi kedelai dalam negeri. 

"Kedelai dalam negeri harus habis dulu baru ekspor, perlu dihitung (stok kedelai dalam negeri) agar tidak terjadi kelangkaan. Kami sangat mendukung," jelas Kapolri.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berterima kasih kepada Korps Bhayangkara yang banyak berkonstrubusi menjaga kestabilan harga dan ketersediaan pangan. Ia berharap kepolisian dapat terus menjaga sektor pertanian.

"Semua sembako dapat terjaga karena Satgas Pangan Polri membantu dengan baik," tutur Syahrul.

Sumber: Medcom