Blog •  06/12/2021

Gorut Kini Miliki Gilangan Padi Moderen

Something went wrong. Please try again later...
© Salman
© Salman

Gorontalo Utara, Kominfotik – Kabupaten Gorontalo Utara kini memiliki gilingan padi modern atau Rice Milling Unit (RMU). Gilangan padi itu akan beroperasi di Desa Pulahenti, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara.

Hal ini diketahui dari kunjungan Gubernur Rusli Habibie bersama Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljady Mario, di gilingan padi Kelompok Tani Setia Kawan, Sabtu (4/12/2021).

RMU Modern diberikan dari bantuan yang bersumber pada APBD Provinsi Gorontalo. Bantuan alat mesin pertanian (pasca panen) diberikan pemprov guna mendukung proses pengolahan gabah menjadi beras dengan kualitas terbaik atau premium.

“Hari ini saya meninjau gilingan padi moderen. Kenapa saya katakan moderen? Karena dulu pernah petani mengeluh ke saya, pak gubernur beras kami tidak laku, kalah dengan beras yang dari Sulteng dan Sulsel. Setelah saya bincang bincang dengan kepala dinas itu ternyata yang kurang bagus itu gilingan dan kualitas padi. Setelah saya coba di Tilong Kabila, berhasil dan akhirnya harga beras jadi naik dan petani diuntungkan, maka setiap kabupaten saya kasih RMU,” kata Rusli.

Alat penggilingan modern yang dibeli drngan harga Rp370 juta ini mampu menghasilkan beras premium dengan kapasitas produksi 8 ton per hari dengan 8 jam kerja atau 1 ton per jam. Gilingan padi RMU ini dilengkapi dengan husker, polisher, seperator, elevator, motor penggerak dan rice grader.

“Mudah mudahan ini menjadi tempat penggilingan padi petani petani di sini. Boleh juga yang dari Biau, Buloila, dan Tolinggula juga di bawah ke sini,” ujar Rusli.

Sumber:Gorontaloprov