Blog •  04/08/2021

Gubernur NTT Perkenalkan Program TJPS buat Generasi Muda di Desa Manusak

© POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
© POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA

POS-KUPANG.COM, KUPANG---Gubernur Nusa Tenggara Timur ( Gubernur NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat memperkenalkan program Tanam Jagung Panen Sapi ( TJPS) buat generasi muda daerah ini dengan pola penanaman jagung di Koledoki, Desa Manusak, Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Generasi muda yang terlibat yakni para siswa SMKN 1 Kabupaten Kupang bersama mahasiswa Fakultas Pertanian Undana, membaur menanam jagung yang nanti diharapkan program ini bisa berjalan baik untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

Dalam rilis berita yang diterima Pos-Kupang, Senin 2 Agustus 2021 disebutkan bahwa kegiatan ini dihadiri pula Rektor Undana, Fred Benu, Dekan Faperta, Kadis Pertanian NTT, Lucky Koli, Kadis PUPR NTT, Maksi Nenabu, staf khusus gubernur NTT, Kadis P dan K NTT, Linus Lusi, Sekda Kupang dan kelompok petani pemilik lahan.

Para siswa SMKN I Kupang yang hadir didampingi Kepala Sekolah, Haslinda juga mahasiswa ikut membaur dengan rombongan gubernur NTT.

Khusus keterlibatan Dinas P dan K dalam program Tanam Jagung Panen Sapi merupakan model kolaboratif nyata karena SMK memiliki program keahlian pertanian sekaligus mengajarkan siswa secara langsung di lapangan.

Dalam arahan sebelum dimulai tanam jagung, Gubernur Viktor mengajak mahasiswa, pelajar jangan malu jadi petani. Bentuk pelibatan siswa SMK ini merupakan bagian dari kesepakatan antar OPD teknis dengan Dinas P dan K pada sektor pertanian, peternakan, pariwisata dan perikanan yang dipimpin langsung Asisten III Sekda NTT, Johana Lisapaly.

Sebelumnya para siswa dan guru telah dibrifing oleh Kabid GTK, Adelino Soares dan pengawas Kabupaten Kupang terkait program Tanam jagung panen sapi ini.

Sumber: POS-KUPANG