Blog •  09/03/2021

Hasil Panen Food Estate di Humbang Hasundutan Terganggu Curah Hujan Tinggi

TEMPO.CO, Jakarta - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor mengatakan Food Estate di wilayahnya telah menghasilkan panen, meski hasilnya belum maksima. Pasalnya hasil panen di Food Estate terganggu intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

"Namun cukup berhasil," kata dia dikutip dari Antara, Minggu, 7 Maret 2021.

Adapun Food Estate di Humbahas, di tahap awal seluas 215 hektare sudah diolah. Pengembangan tanaman bawang merah, bawang putih dan kentang. Komoditas itu ditanam karena menjadi salah satu yang menjadi pemicu inflasi.

Komoditas itu juga sesuai atau bisa ditanam di Food Estate yang dibangun di Desa Ria-ria, Kecamatan Pollung, Humbahas."Tanaman itu bahkan sudah dipanen dengan hasil yang lumayan bagus," kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Medan, Minggu.

Menurut dia, pemerintah provinsi Sumatera Utara komitmen mengembangkan Food Estate atau lumbung pangan nasional yang dibangun pemerintah di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.

"Food Estate di Humbahas (Humbang Hasundutan) yang dibangun pusat diharapkan bisa menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan ekonomi masyarakat di Sumut," ujar , 7 Maret 2021.

Dia menjelaskan dari seluas 3.000 hektare yang disiapkan pemerintah pusat, tahap awal seluas 215 hektare sudah dikerjakan.Ke depannya, kata dia, diharapkan banyak pihak yang bisa berkolaborasi untuk menyukseskan lumbung pangan di Sumut itu.

Sumber: TEMPO