Blog •  03/02/2021

Idah Apresiasi Koperasi ASN Gorontalo Panen Jagung Perdana

PROSESNEWS.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Idah Syahidah mengapresiasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo, yang berhasil melakukan panen jagung perdana di Desa Butu, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Hal ini dikatakan Idah, usai menghadiri panen jagung mendampingi Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Senin (1/2/2021).

“Koperasi Bapppeda Provinsi Gorontalo ini telah membuktikan berhasil mengolah lahan tidur. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik dan menjadi contoh, bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan lahan tidur. Tadi saya dengar kalau tidak salah di Bone Bolango, jumlahnya masih skitar 12 ribu hektar lahan tidur,” ungkap anggota DPR RI ini saat diwawancarai.

Istri gubernur gorontalo menambahkan, pemanfaatan lahan tidur ini menjadi sangat produktif sebagai upaya memelihara ketahanan pangan ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Panen yang dikelola oleh ASN Bappeda Gorontalo ini, memilih jagung sebagai komoditas utama. Kita ketahui bersama, jagung merupakan identitas serambih madina ini. Ekspor jagung bahkan sudah mendunia. Dan sangat bagus sekali, jagung dijadikan sebagai bidang usaha koperasi di sini,” paparnya.

Dikesempatan yang sama, Idah bersama Wagub Idris Rahim menyerahkan bantuan berupa benih jagung sebanyak 500 kilogram yang diberikan untuk dua kelompok tani. Untuk Koperasi yang dikelola Bapppeda sendiri, diberikan bantuan lahan seluas dua hektar. Bantuan lainnya berupa benih sayuran dataran rendah untuk tiga kelompok tani, bantuan paska panen cengkeh berupa solar dryer sebanyak satu unit senilai Rp132 juta, serta bibit kelapa dalam seluas 25 hektar untuk satu kelompok tani.

Ada pula bantuan bajak gratis untuk total lahan seluas 40 hektar yang diberikan kepada dua kelompok tani serta bantuan alat dan mesin pertanian berupa traktor roda dua sebanyak tiga unit. Pemprov Gorontalo juga memberikan bantuan bibit ayam KUR sebanyak 400 ekor kepada tiga kelompok penerima.

Sumber: PROSESNEWS