Blog •  16/02/2022

Inisiasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Fakultas Biologi UGM Di Dusun Blotan, Sleman

Something went wrong. Please try again later...

Berkaitan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa binaan yang direncanakan akan dilakukan di dusun Blotan, Wedomartani-Sleman, dua orang dosen dari Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada yaitu Prof. Dr. Kumala Dewi MSc.St. dan Dr. Endah Retnaningrum, M. Eng telah melakukan diskusi dengan mitra petani dan pelaku UMKM pada hari Rabu, tanggal 8 Desember 2021, pukul 10:00 sd 12.30. Kegiatan diskusi dilakukan di pendopo milik bapak Suwardi (ketua RT 01 Dusun Blotan) dengan dihadiri sebanyak 10 warga masyarakat sebagai perwakilan kelompok petani dan kelompok pelaku UMKM. Dari diskusi direncanakan akan dilakukan berbagai kegiatan pembinaan, penyuluhan dan keterlibatan mahasiswa dalam rangka pelaksanaan merdeka belajar. Adapun kegiatan pembinaan terkait dalam proses budidaya tanaman jagung mulai dari pengolahan tanah, perawatan tanaman, proses panen dan pasca panen. Dalam hal pembuatan emping jagung juga banyak hal yang masih perlu dikembangkan terkait dalam hal hiegienis dan penjaminan kualitas saat pemasakan, pengepresan jagung, pengeringan dan pengemasan. Masalah limbah juga masih perlu diatasi baik dari sisi pertanian tanaman jagung maupun produksi emping jagung agar dalam kegiatan agro-industri pedesaan ini juga dicapai zero waste. Dengan demikian diharapkan kegiatan Urban farming serta agro-industri pedesaan ini merupakan salah satu metode yang dapat mendukung tercapainya ketahanan pangan serta memberi dampak positif untuk pengembangan dan perbaikan kondisi sosial, ekonomi serta lingkungan sekitar di Dusun Blotan.

Kegiatan ini merupakan salah satu usaha dalam menghadapi tantangan pemenuhan kebutuhan pangan yang merupakan salah satu target yang dihadapi hampir semua negara, terlebih dengan adanya perubahan iklim global yang mengakibatkan di suatu saat terjadi cuaca panas yang ekstrem dan disaat lain curah hujan terlalu tinggi. Keadaan ini menyebabkan penurunan hasil panen baik padi, jagung ataupun tanaman pangan lainnya. Diperkirakan jika tidak ada upaya adaptasi yang efektif terhadap perubahan iklim global, maka nilai hasil panen di seluruh dunia akan turun sebesar 30% pada tahun 2050 (https://unfoundation.org/blog/post/climate-change-and-the-future-of-food/). Urban agriculture atau Urban Farming merupakan kegiatan pertanian di daerah perkotaan untuk memenuh kebutuhan pangan. Kegiatan ini juga merupakan salah satu alternatif dalam upaya mitigasi perubahan iklim global. Urban farming dapat membawa system pertanian lebih dekat pada konsumen dan memberi peluang lapangan kerja baru dengan adanya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Upaya kegiatan Urban Farming “Hartowijaya Agri Mandiri” telah dibentuk dan dilakukan secara mandiri oleh warga Dusun Blotan dengan dikoordinir oleh Ibu Cecilia dan Bapak Clive Pickering. Petani Dusun Blotan juga telah menciptakan atmosfer kegiatan positif sehingga terbentuk rantai pertanian dan industri dari hulu ke hilir di desa tersebut. Kegiatan agro-industri tersebut merupakan salah satu bentuk sustainable short supply system yang penting untuk lebih dikembangkan. Melalui konsep agro-industri pedesaan sekelompok pelaku pertanian dan UMKM dapat bekerja sama. Contoh riil yang telah terlaksana di Dusun Blotan yaitu penanaman jagung P21 oleh pelaku pertanian “Hartowijaya Agri Mandiri” yang kemudian dijual di UMKM “Rahma Manggala” pembuat emping jagung. Lokasi pertanian jagung dan produksi emping jagung juga cukup dekat, sehingga mampu menekan biaya transportasi, selain itu pembuatan kripik jagung juga dilakukan setiap hari sehingga produsen pun tidak memerlukan gudang penyimpanan hasil panen jagung. Dengan demikian efisiensi kegiatan Urban Farming dan Agro-Industri dapat diterapkan dari hulu ke hilir.

SUMBER: BIOLOGI-UGM