Blog •  27/01/2021

Jaga Ketahanan Pangan, Dandim 1301/Sangihe Panen Raya Jagung

Manadoline.com, Tahuna - Menjaga ketahanan pangan di masa pandemi covid-19, Kodim 1301/Sangihe gencar melakukan program pemberdayaan lahan tidur di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Seperti yang dilakukan di Kelurahan Kolongan Mitung Kecamatan Tahuna Barat, tanah 2 Hektare di tanami tanaman jagung. 

Kini tanah tersebut telah menghasilkan jagung dan telah di panen jajaran Kodim 1301/Sangihe, Koramil 1301-05/Tahuna, Polsek Tahuna, Dinas Pertanian, Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan Kolongan Mitung Selasa (26/01/2021).

Ditemui setelah melakukan panen raya jagung, Dindim 1301/Sangihe Letkol Infanteri Rachmat Christanto SIP mengatakan jika program yang telah mereka mulai sejak Tahun 2020, saat ini telah menghasilkan dan dapat dipergunakan oleh masyarakat. 

“Panen hari ini adalah apa yang telah kita laksanakan pada Tahun 2020. Dalam rangka ketahanan pangan, mengantisipasi kelangkaan bahan makanan akibat dampak berkepanjangan pandemi covid-19. Akibat dari cuaca yang kurang bersahabat beberapa hari lalu, maka panen baru bisa kita lakukan hari ini,” kata Dandim. 

Dirinya pun mengucapkan terimakasih atas kerjasama pihak Dinas Pertanian, pemerintah kecamatan, terlebih khusus lagi kepada pihak kelurahan yang telah bersedia menyediakan lahan untuk ditanami jagung. 

“Alhamdulillah ada 2 Hektare lahan yang kita tanami jagung, yang telah diberikan oleh pihak kecamatan melalui pihak kelurahan, sehingga lahan tersebut bisa kita gunakan. Dan untuk seluruh pihak kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Serta kedepan kita berharap program-program ini dapat kita lanjutkan. Karena kita tidak tau sampai kapan pandemi ini akan berakhir.

Dan untuk hasilnya karena kita sudah kelewatan masa panennya akibat cuaca yang bersahabat kemarin, jadi jagungnya tidak layak untuk di konsumsi maka kita jadikan pakan ternak masyarakat. Kami berharap akan lebih banyak lagi lahan tidur yang bisa dipergunakan untuk menjaga ketahanan pangan kita,” pungkasnya. 

Sumber: Manadoline