Blog •  24/11/2020

Jagung dan Segudang Manfaatnya

© unsplash/Jayson Roy
© unsplash/Jayson Roy

SEPERTI nasi, jagung telah laman menjadi makanan pokok di Indonesia. Banyak orang yang mengonsumsi olahan jagung sebagai camilan seperti popcorn, jagung bakar, nachos, jagung manis, atau sebagai bahan tambahan dalam masakan.

Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Rasanya yang manis dan tekstur yang lembut membuat jagung disukai oleh banyak orang.

Sumber karbohidat yang satu ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Enggak percaya? Simak manfaat luar biasa dari jagung untuk kesehatan tubuh seperti dilansir dari laman NDTVFood dan BeBeautifulIn.

1. Menurunkan Berat Badan

Jagung merupakan makanan yang baik dikonsumsi saat sedang usaha menurunkan berat badan. Karena jagung memiliki kandungan lemak yang rendah, namun memiliki kandungan asam dan potassium yang tinggi, khususnya jagung muda.

Jagung muda juga memiliki indeks glycemic (glukosa) yang baik, dibandingkan jagung yang sudah matang. Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan berat badan secara optimal.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Jagung mengandung vitamin C dan likopen (antioksidan), mampu meningkatkan produksi kolagen dan mencegah radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Apabila paparan radikal bebas terlalu sering terkena kulit, maka akan timbul flek hitam. Salah satu cara untuk mengangkat sel-sel mati di wajah dengan menggunakan jagung muda sebagai masker wajah.

3. Mencegah Anemia

Jagung mengandung vitamin B12 dan asam folat, sehingga membantu untuk mencegah anemia yang disebabkan karena kekurangan vitamin.

Jagung juga merupakan sumber zat besi. Karena mampu membantu pembentukan sel darah merah baru, makanan ini ampih untuk menghindari anemia.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jagung merupakan sayuran yang mampu memberikan energi pada tubuh. Hal ini karena jagung memiliki kandungan serat dan karbohidrat.

Seperti yang diketahui, karbohidrat mampu dicerna dengan cepat dan termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks. Sehingga jagung memberikan rasa kenyang lebih lama.

5. Baik untuk Kehamilan

Jagung memiliki sejumlah manfaat selama masa kehamilan baik untuk ibu dan bayi. Kandungan asam folat dan asam pathogen mampu mengurangi resiko cacat lahir pada bayi.

Selain itu, kedua kandungan pada jagung tersebut mampu melindungi bayi dari degenerasi otot dan masalah fisiologis.

Jagung juga memiliki kandungan serat yang tinggi, mampu meredakan sembelit yang menjadi masalah umum bagi banyak ibu hamil.

Sumber: Merah Putih