Blog •  24/08/2021

Jelang Penanaman Jagung, Warga Binaan Siapkan 400 Wadah Semai Bibit

MMCKalteng - Sukamara - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara kembali menyiapkan wadah untuk melakukan penyemaian bibit. Sebanyak 400 wadah akan disiapkan untuk melakukan penyemaian bibit jagung yang nantinya akan ditanam di lahan Agrowisata Gawi Barinjam Lapas Sukamara.

Persiapan wadah sebagai media yang akan digunakan untuk menyemai bibit jagung berupa polybag berukuran kecil yang diisi dengan tanah subur dan pupuk organik yang telah diolah dan dicampurkan.

"Hari ini dengan memberdayakan warga binaan, kita kembali melakukan persiapan wadah yang nantinya akan digunakan untuk menyemai bibit. Ada empat ratus wadah yang akan kita siapkan dan semuanya akan kita gunakan untuk menyemai bibit jagung yang telah kita siapkan," tutur Zulkifli selaku Kepala Subseksi Pembinaan, Senin (23/8/2021).

Bibit yang akan disemai nantinya adalah bibit jagung yang telah disiapkan untuk kemudian ditanam pada lahan yang masih ada pada Agrowisata Gawi Barinjam Lapas Sukamara. Persiapan wadah semai ini merupakan tahapan awal yang selalu dilakukan sebelum nantinya bibit ditanam pada lahan yang telah diolah.

"Ini merupakan tahapan awal dari setiap budidaya dan penanaman yang kita lakukan. Dalam proses ini, kita harus perhatikan betul kualitas dan komposisi tanah ataupun pupuk yang digunakan. Hal ini supaya bibit yang dihasilkan dari penyemaian benar-benar baik dan berkualitas," pungkas Zulkifli. (Red-dok, Humas Kalteng, Agustus 2021).

Sumber: MMCKalteng