Blog •  23/06/2020

Karawang Percepat Program Masa Tanam Padi

Karawang: Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menjaga ketahanan pangan melalui program percepatan tanam.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyatakan pihaknya mendukung sepenuhnya apa yang menjadi program pemerintah pusat.

"Sebagaimana kita ketahui kalau Karawang ini salah satu daerah penyangga produksi padi di Tanah Air dan kita terus melakukan upaya percepatan tanam," katanya dikutip dari Antara, Senin, 22 Juni 2020.

Ia mengatakan gerakan percepatan tanam sebenarnya telah digulirkan di Karawang sejak beberapa bulan lalu. Hal itu sebagai upaya mendukung sepenuhnya apa yang menjadi program Kementerian Pertanian.

Catatan Dinas Pertanian Karawang, pada 2019 luas lahan yang dipanen di Karawang mencapai 185.807 hektare dengan produktivitas mencapai 6,02 ton per hektare.

Kepala Dinas Pertanian Karawang Hanafi mengatakan pihaknya menargetkan pada Juni ini lahan pertanian seluas 33 ribu hektare akan dipanen.

"Pada Mei saja ada 22 ribu hektare lahan yang kita panen. Juni ini kita targetkan 33 ribu hektare. Jadi meskipun di tengah pandemi Corona, produksi padi terus berjalan," kata dia.

Sumber: Medcom