Blog •  13/02/2020

Kelompok Tani Berharap Bantuan Alsintan dari Pemkab Taput

Medanbisnisdaily.com - Taput. Beberapa Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, berharap ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk memberikan bantuan Alsintan.

Ketua Kelompok Tani Sinar Tani Jaya, Tohom Hutasoit, mengatakan, dengan adanya bantuan Alsintan berupa traktor mini, hamparan lahan tidur bisa diolah untuk meningkatkan pendapatan petani.

Ditemui Medanbisnisdaily.com di lahan kebun cabai miliknya, Rabu (12/2/2020), menyampaikan, saat ini para anggota Poktan sangat membutuhkan mekanisasi pertanian untuk memberdayakan lahan tidur yang masih sangat luas.

"Kami butuh traktor mini, dengan lahan terbilang luas pengolahan secara manual terasa melelahkan. Kami berharap ada perhatian Pemkab Taput," kata Tohom.

Tohom membeberkan, kalau profesi jadi petani cukup menjanjikan asalkan digeluti secara serius dan mencintai pekerjaannya. Pria yang hanya mengenyam pendidikan SMA itu mengaku, dari hasil jerih payahnya menjadi petani mampu menyekolahkan anak-anaknya hingga ke perguruan tinggi.

"Siapa bilang jadi petani tidak bisa sukses. Saya bersyukur dari pekerjaan sebagai petani, mampu menghantarkan anak-anak hingga sarjana dan bekerja di instansi pemerintah," katanya bangga.

"Tolonglah kami dibantu traktor mini agar pengolahan lahan bisa lebih cepat," katanya lagi.

Menanggapi keluhan para petani Desa Silait-lait, Kadis Pertanian Taput melalui Kabid Sarana dan Prasarana, Revansius Nababan mengimbau agar mengajukan permohonan ke Distan Taput. "Diajukan dulu lah permohonan, mudah-mudahan bisa kita bantu," katanya.

Sumber : Medanbisnisdaily