Blog •  23/06/2020

Kembangkan Sektor Pertanian, Jagung Hibrida di Launching di Cikakak

MANTRA SUKABUMI - Dalam upaya mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Sukabumi.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri Petani binaan PT Rahayu Auliya Putri Sukabumi launching perdana penanaman Jagung Hibrida di Kampung Cigarung, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/6/2020).

"Kami disini hadir untuk membantu para petani di wilayah kabupaten sukabumi untuk mengembangkan sektor pertanian tanam jagung dengan memberikan kemudahan berbentuk KUR," kata Direktur Utama PT. Rahayu Auliya Putri KH. Arruyani, dilansir Pemerintahan Kabupaten Sukabumi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, yaitu Direktur Pembiayaan Pertanian, Indah Megahwati, serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri.

Direktur Pembiayaan pertanian Indah Megahwati mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi dan akan terus mendorong stakholder terkait untuk membantu permodal para petani untuk terus mengembangkan hasil taninya.

"Kami Kementerian pertanian akan terus mendorong pihak terkait dalam rangka percepatan pemberian KUR kepada para petani supaya lebih cepat untuk disalurkan," ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Sekda Iyos Somantri menyampaikan, bahwa dengan peluang kebutuhan produksi yang masih terbuka lebar serta harga jual di tingkat petani relatif menguntungkan, maka selayaknya pengembangan komoditas jagung hibrida perlu terus di dorong, baik dari sisi input, infarm, penanganan panen-pascapanen dan pemasarannya.

"Disinilah peranan para petani, mitra kerja, pelaku usaha, pemerintah dan stakeholder lainnya yang terkait sangat diperlukan dalam membangun sinergitas yang baik, berikanlah pelayanan terbaik mulai perencanaan, pembudidayaan, pengendalian OPT, penanganan panen-pascapanen dan pemasarannya," terangnya.

Sekda pun berharap para petugas pembina pertanian mulai tingkat desa sampai Kabupaten agar senantiasa melakukan pembinaan, pendampingan dan mengawal terhadap seluruh rangkaian kegiatan sesuai tugas dan kewenangannya. 

Sumber: MANTRA SUKABUMI