Blog •  21/02/2020

Kementan Ingin Kabupaten OKUS Jadi Sentra Produksi Jagung Nasional di Sumatra Selatan

Trubus.id -- Guna meningkatkan swasembada nasional, Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong produksi jagung di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) sebagai sentra produksi jagung di Sumatra Selatan (Sumsel).

"Pada Februari, luas lahan jagung yang berhasil dipanen mencapai 7.380 hektare," kata Prihasto Setyanto, Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian, Minggu (24/2).

Prihasto mengatakan jika luas panen jagung di OKUS tersebar di 19 kecamatan. Kecamatan Buana Pemaca dan Buay Pemaca merupakan yang terluas dan tertinggi untuk produksi jagungnya.

"Hingga Maret nanti, potensi panen jagung sebesar 28.000 hektare dengan produktivitas rata-rata berkisar 6,3 hingga 7 ton per hektare," sambungnya.

Melihat potensi lahan jagung yang dicukup, Prihasto berharap jika Kabupaten OKUS bisa menjadi lumbung padi di Sumatra Selatan.

"Di Provinsi Sumatera Selatan, luas panen jagung pada Februari ini mencapai 14.866 hektare karena memasuki panen raya," ungkapnya.

Sumber: Trubus