Blog •  02/11/2020

Kolaborasi dan Sinergi Ketahanan Pangan, Desa Binaan Inalum Panen Raya Jagung

Edisimedan.com, Pintu Pohan – Empat kelompok Tani di Pintu Pohan memanen tanaman jagung (20/10) di atas lahan seluas 33,66 hektare setelah bercocok tanam selama tiga bulan.

Seremoni Panen Raya Jagung dilaksanakan di hamparan ladang jagung masyarakat di Desa Pintu Pohan, salah satu desa yang berdekatan dengan PLTA Asahan-02 atau Inalum.

Acara itu dihadiri oleh Kepala Desa, perwakilan dari Kecamatan Pintu Pohan Meranti, perwakilan dari masing-masing empat Kelompok Tani (Kelompok Tani Lam Miduk, Aek Rihit, Parsanggrahan dan Ina Dosroha ), perwakilan dari Dinas Pertanian setempat, serta perwakilan dari manajemen PT Inalum (Persero).

Adapun panen raya jagung ini adalah hasil dari penanaman bibit jagung (Pioneer 32 “singa”) yang merupakan bantuan CSR PT Inalum (Persero) sebanyak ± 850 kg kepada Para Kelompok Tani di desa Pintu Pohan dengan total luas lahan 33,66 Ha yang mulai ditanam pada bulan Juli 2020. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada PT Inalum atas bantuannya. Harapan kami PT Inalum semakin jaya sehingga dapat terus memberikan bantuan yang berkelanjutan untuk desa ini,” ujar Bapak Hotman Tampubolon dari Ketua Kelompok Tani Lam Miduk.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Inalum atas berhasilnya tanaman jagung yang sudah kita tanam. Semoga ke depannya Inalum dapat terus melakukan kegiatan seperti ini untuk desa Pintu Pohan“ karena ini langsung menyentuh masyarakat karena meningkatkan pendapatan masyarakat, tutur Kepala Desa Pintu Pohan, Hotlan Tambunan dalam sambutannya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Kepala Desa, ucapan terima kasih dan harapan agar perhatian dan bantuan dari PT Inalum (Persero) dapat terus berkelanjutan dan memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya juga disampaikan oleh Perwakilan dari Kecamatan Pintu Pohan Meranti.

“Harapan-harapan yang disampaikan tentunya menjadi perhatian Perusahaan, kita berharap Perusahaan semakin maju agar dapat meningkatkan kontribusi kepada masyarakat di sekitar Perusahaan,” tutur Tober Sidabutar Manager CSR PT Inalum didampingi Manager Humas, A. Iqbal Harahap.

Secara terpisah, Kepala Departemen CSR/PKBL PT Inalum, Ismail Midi menambahkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program pemberdayaan Perusahaan di bidang pertanian bagi masyarakat di sekitar operasi Perusahaan.

PT Inalum (Persero) selain memberikan bantuan bibit jagung juga memberikan bantuan pupuk jenis ZA “Petro” dan NPK “Phonska” dengan total sebanyak 6.210 kg, demikian ungkap Tober.

Acara panen raya jagung ini, diakhiri dengan kegiatan memanen jagung bersama Kelompok Tani, Inalum dan Aparat Desa serta Kecamatan.

Sumber: Edisimedan