Blog •  24/07/2020

Lampura Targetkan Tanam Jagung Hibrida 650 Ha

Something went wrong. Please try again later...

Kotabumi (Lampost.co): Mengejar target produksi panen jagung 4.550 ton untuk sekali musim tanam, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lampung Utara tahun ini menargetkan penanaman jagung seluas 650 hektare (ha). 

"Target penanaman jagung hibrida seluas 650 ha itu rencananya akan digelar mulai Agustus--September 2020," ujar Kabid Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Lampung Utara, Sugiman, di ruang kerjanya, Rabu, 22 Juli 2020.

Dia mengatakan untuk pemenuhan benih jagung hibrida bagi 26 kelompok tani (Poktan) yang tersebar di 23 kecamatan se-Lampura, pihaknya telah mengajukan proposal di Kementerian Pertanian (Kementan), Direktorat Jenderal (Dirjen) Sereal dan Benih serta ke Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Provinsi Lampung.

"Setiap Gapoktan yang mengajukan bantuan benih jagung hibrida yang akan di tanam pada Agustus sampai September 2020, telah dijatah luas penanaman maksimal 25 ha," kata dia. 

Bantuan benih jagung hibrida untuk setiap hektarnya, kata dia, ditetapkan sebanyak 15. Sementara untuk produktivitas hasil panen dari luasan satu hektarenya di Lampung Utara rata-rata berkisar 7 ton. 

"Produktivitas hasil panen jagung setiap hektarenya, tergantung perawatan dari petani. Kalau pemupukannya tepat dan tidak terserang hama, hasil panen bisa lebih dari 7 ton/ha," kata dia.

Sumber Lampost