Blog •  08/12/2021

Manfaatkan Lahan, Aparat serta PKK Desa Bagok Tanam Jagung dan Kedelai

© Iwan Prast
© Iwan Prast

Kaltengtoday.com, Tamiang Layang – Pemanfaatan lahan kosong menjadi potensi ekonomi sekaligus stok bahan pangan, merupakan langkah yang tepat. Selain meminimalisasi lahan tidur, manfaatnya juga bisa dirasakan kelak.

Hal inilah yang mendasari aparat Desa Bagok, Kecamatan Benua Lima, Kabupaten Barito Timur, melakukan terobosan di bidang pertanian. Bersama PKK Desa, mereka memanfaatkan lahan kosong dengan ditanami jagung dan kedelai.

Dijelaskan oleh Kepala Desa Bagok, Risa Ramayati, lahan yang digarap merupakan milik Pemdes Bagok seluas 3.632,36 meter persegi (m2). Selain bertujuan memanfaatkan lahan, juga untuk memberikan contoh sekaligus memotivasi masyarakat agar mau bertanam tanaman non padi.

“Kami berharap ini dapat menjadi percontohan dan memberikan manfaat bagi warga. Karena harapan kami memang lahan ini nantinya dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Bagok,” ujarnya kepada awak media tadi siang (Selasa, 07/12).

Risa juga menceritakan, bahwa dalam proses pengolahan yang dilakukan bersama PKK Desa, mereka menggunakan alat-alat pertanian manual, seperti cangkul, arit dan lainnya. Penggunaan obat herbisida juga dilakukan sebagai upaya penggemburan tanah.

Adapun anggaran dalam pengolahan ini, menurut Risa, murni dibiayai oleh desa. Dan sekali lagi, Risa meminta agar warga masyarakat nantinya melakukan hal yang sama. Yaitu memanfaatkan lahan-lahan kurang produktif, dengan ditanami jenis tanaman yang berguna, sehingga bisa mencapai swasembada pangan sendiri.

Sumber: Kaltengtoday