Blog •  02/02/2021

Manfaatkan Lahan Tidur, ASN Bapppeda Gorontalo Panen Jagung 6 Ton di Bonebol

Something went wrong. Please try again later...
© F. Haris/Kominfo
© F. Haris/Kominfo

Hulondalo.id – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo melakukan panen jagung perdana di Desa Butu, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Senin (1/2/2021).

Panen jagung itu merupakan unit usaha Koperasi El Madani milik ASN Bapppeda Provinsi Gorontalo. Di lahan seluas 1 Hektar itu, hasil panen jagung mencapai 6 Ton. Koperasi itu dibentuk pada Tahun 2020 silam.

“Koperasi Bapppeda Provinsi Gorontalo telah membuktikan berhasil mengolah lahan tidur dengan menghasilkan 6 Ton jagung. Ini patut menjadi contoh bagi masyarakat dalam memanfaatkan lahan tidur,” ujar Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat panen perdana itu.

Sebelumnya, berdasarkan data Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo bahwa lahan tidur di Kabupaten Bone Bolango mencapai 12 Ribu hektar.

Idris bilang, jika lahan seluas itu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, pastinya akan berdampak pada peningkatan produksi dan produktivitas hasil pertanian yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Mari kita manfaatkan lahan tidur yang merupakan karunia Allah SWT ini. Pemprov Gorontalo pasti akan mendukung sepenuhnya, ada benih gratis, bajak gratis, serta ada juga Alsintan (Alat Mesin Pertanian) yang disiapkan Dinas Pertanian untuk membantu petani,” urai Idris.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Idris Rahim bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah turut menyerahkan bantuan kepada sejumlah kelompok tani di Bone Bolango.

Bantuan terdiri dari benih jagung sebanyak 500 kilogram bagi 2 kelompok tani, termasuk bantuan kepada Koperasi El Madani untuk lahan seluas 2 hektar, bantuan benih sayur untuk 3 kelompok, serta bantuan pasca panen cengkeh senilai Rp 132 Juta.

Sumber: Hulondalo