Blog •  22/12/2020

Masuk Musim Tanam, Dinas Pertaniam Sumba Barat Droping 60 Ton Benih Padi Dan Jagung

© FOTO KADIS PERTANIAN SB
© FOTO KADIS PERTANIAN SB

POS-KUPANG.COM|WAIKABUBAK---Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat,Ir.Amos R.Dida mengatakan memasuki musim tanam kali ini, pihaknya mendistribusikan  60 ton benih padi dan  jagung kepada petani diseluruh wilayah Sumba Barat. 

Benih tanam tersebut terdiri 30 ton benih padi ciherang dan 30  ton benih jagung. Semua sudah dibagikan kepada  kelompok tani yang tersebar di seluruh wilayah Sumba Barat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat, Ir.Amos R.Dida menyampaikan hal itu di Waikabubak, Senin (21/12/2020).

Menurutnya, saat ini, rata-rata  petani mulai mengolah lahan dan mensemaikan bibit. Harapan dalam waktu dua hingga 3 minggu ke depan, petani mulai menanam. Hal itu sangat tergantung curah hujan yang terjadi. Memang intensitas hujan kali ini cukup baik dibanding tahun sebelumnya. Mudah-mudahan hujan terus berjalan normal sehingga petano menanam tepat waktu.

Sedangkan khusus tanamam jagung, rata-rata petani sudah menanam dan sebagian sudah tumbuh besar. Pihaknya juga terus meminta pemerintah pusat memberi perhatian terhadap penyediaan pupuk bagi petani  terutama pada musim tanam kali ini. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan distributor dan agen pupuk agar menyedikan pupul secukupnya bagi kebutuhan petani. Namun demikian, hal itu sepenuhnya menjadi wewenang pemerintah pusat. Secara teknis, pihaknya mengajukan kebutuhan pupuk bagi petani Sumba Barat dan keputusan kuota  pupuk bagi petani Sumba Barat sepenuhnya wewenang pusat.

Karena itu pihaknya sangat berharap pemerintah dapat mengakomodirnya agar musim tanam kali ini berjalan amann dan lancar demgan harapan hasil yang diperoleh melimpah pula.

Sumber: POS-KUPANG