Blog •  12/07/2021

Masyarakat Kampung Alatep Terima Bantuan Bibit Padi Dan Mesin Perontok

Something went wrong. Please try again later...
© Jubi/Frans L Kobun
© Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Masyarakat di Kampung Alatep, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua mendapat bantuan bibit padi serta pesin perontok dari Dinas Pertanian setempat.

“Untuk bibit padi sebanyak 60 karung dan mesin perontok dua unit. Saya sudah ambil dari dinas dan bawa di kampung sekaligus menyampaikan secara langsung kepada masyarakat,” ungkap Kepala Kampung  Alatep, Muksin Telearubun, kepada Jubi Jumat pekan lalu.

Dikatakan, bantuan bibit maupun mesin perontok yang diberikan itu, karena masyarakat setempat setiap tahun membuka lahan seluas 100 hektar.

Nantinya, lanjut dia, bibit padi akan disemaikan secara bersama. Setelah itu baru dibagikan kepada masyarakat untuk menanam di atas lahan 100 hektar itu.

“Memang lahan dimaksud dikelola secara perorangan oleh warga. Namun tetap dalam pengawasan yang dilakukan aparatur kampung,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk satu hektar, masyarakat bisa mendapatkan sampai 60  karung gabah kering.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Lukas Patrauw, memberikan apresiasi kepada masyarakat setempat, yang nota bene orang Marind-Papua, dengan membuka lahan hingga 100 hektar.

“Saya berharap adanya pendampingan melekat dari dinas terkait, terutama dukungan bibit maupun peralatan pertanian,” pintanya.

Sumber: Jubi