Blog •  13/01/2022

Nagari Alam Pauh Duo Sentra Bawang Merah di Solok Selatan

MINANGKABAUNEWS.COM SOLOK SELATAN – Salah satu komoditi pertanian di Solok Selatan yang mulai banyak diminati masyarakat adalah perkebunan bawang merah.

Salah satu daerah penghasil bawang merah di Solok Selatan adalah Jorong Taratak Tinggi, Kampung Baru dan sebagian Jorong Pekonina Nagari Alam Pauh Duo di Kecamatan Pauh Duo.

Daerah ini yang dibilang memiliki suhu yang dingin dan berangin, memiliki suhu 19 sampai 25 derjad celcius, hampir mirip dengan daerah Alahan Panjang, sehingga cocok dengan pertanian bawang.

Selain bawang merah, tanaman holtikultura lain seperti tomat, cabai memiliki prospek baik untuk dikembangkan di Taratak Tinggi, Kampung Baru dan Pekonina.

Salah seorang petani bawang Taratak Tinggi, yang biasa dipanggil Penghulu mengatakan bahwa sebagian besar petani di Taratak Tinggi menanam bawang merah, sebagian juga menanam padi.

Terkait dengan pemasaran, biasanya ada pengepul alias toke dari Surian dan Alahan Panjang yang datang, sehingga harga ditentukan pengepul dan tawar menawar antara pengepul dengan petani.

“Kami berladang bawang hampir sepuluh tahun, biasanya pengepul bawang asal Alahan Panjang dan Surian yang memborong bawang kami,” ungkapnya di Taratak Tinggi, Minggu (9/1/2022).

Lebih lanjut, Penghulu yang mewakili petani bawang di Solok Selatan, mengharapkan adanya bimbingan pemerintah kabupaten dan bantuan terkait budidaya bawang di Solok Selatan.

Sumber: MINANGKABAUNEWS