Blog •  30/06/2020

Panen Jagung di Kendal, Mentan Ajak Petani di Jateng Terus Tingkatkan Produksi

© Foto: iNews/Eddie Prayitno
© Foto: iNews/Eddie Prayitno

KENDAL, iNews.id – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menilai hasil produksi pertanian di seluruh wilayah di Jateng sangat maksimal. Mentan pun mengajak petani di provinsi ini untuk terus meningkatkan komoditas pertanian dan peternakan.

Pernyataan ini disampaikan Mentan Syahrul Yasin Limpo saat panen raya jagung bersama Bupati Kendal Mirna Annisa di Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh, Kendal, Sabtu (27/6/2020) sore.

Mentan mengatakan, tidak ada penurunan produksi padi di Provinsi Jateng. Kondisi itu harus terus dipertahankan bahkan perlu ditingkatkan.

Tidak hanya padi, komoditas pertanian lainnya seperti jagung juga mengalami peningkatan tidak ada penurunan secara signifikan. Begitu juga dengan komoditas sayuran dan hasil peternakan yang tidak ada penurunan produksi.

“Kondisi ini menandakan bahwa komiditas pertanian adalah jawaban kebutuhan masyarakat hari ini dan kemudian yang akan terus didorong supaya tetap baik dan meningkat,” katanya.

Mentan berharap ketahanan pangan di daerah dan provinsi ini menjadi ketahanan pangan nasional. Karena itu, pemerintah berupaya mendorong kepala daerah untuk terus menjaga lahan pangan yang ada di masyarakat.

Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, lahan pertanian yang ada di Kendal mencapai 46.419 hektare. Dari jumlah luas lahan itu, 24.000 hektare di antaranya adalah lahan sawah dan 22.000 hektare berupa tegalan.

“Produksi padi tahun 2019 mencapai 236.370 ton gabah kering. Sedangkan hasi jagung mencapai 215.086 ton. Untuk tahun 2020 ini, kami menargetkan ada peningkatan untuk padi  menjadi 243.513 ton dan jagung 233.750 ton,” katanya.

Sumber: iNews